Image-1583818606

8 Perempuan Inspiratif Indonesia! Dari Menteri, Atlet Hingga Ilmuwan

Pic by Getty Image

Era telah berubah, kini perempuan bisa setara dan memiliki kualifikasi yang sama dengan pria dalam memperjuangkan haknya. Apakah itu dalam kesempatan pendidikan maupun karir, bahkan menempati posisi penting di masyarakat. Dalam rangka merayakan Hari Kartini, Omiyagoes bisa nih mengambil inspirasi dari beberapa perempuan Indonesia yang sukses dari berbagai bidang dan bahkan membawa harum nama bangsa lewat prestasinya. Yuk kita simak!

1. Retno Marsudi – Menteri Luar Negeri Perempuan Pertama di Indonesia

foto dok : Harian Haluan

Dialah Retno Marsudi, Menteri luar negeri perempuan pertama Indonesia. Menlu Retno sangat gigih dalam membawa nama Indonesia di kancah internasional. Beberapa kiprahnya di dunia internasional adalah menjadikan Indonesia sebagai Dewan Keamanan (DK) tidak tetap PBB periode 2019-2020 dan membawa isu Palestina ke hadapan DK PBB saat Indonesia menjadi presiden DK PBB pada Mei 2019. Sebelum menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, perempuan kelahiran Semarang 27 November 1962 ini sempat menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda di Den Haag. Prestasi lainnya Retno juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai agen perubahan di bidang Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan tahun 2017. Penghargaan tersebut diberikan oleh UN Women dan Partnership Global Forum (PGF). UN Women merupakan lembaga PBB yang bertugas memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. 

2. Sri Mulyani Indrawati – Menteri Keuangan, Pernah Menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

foto dok : RMOL

Namanya tentu sudah tak asing kan Omiyagoes? Perempuan berusia 57 tahun yang kini dipercaya kembali untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden Jokowi ini merupakan orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia masa jabatan 2010 - 2016. Sebelumnya Sri Mulyani Indrawati sempat dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia di tahun 2006 oleh Emerging Markets. Dia juga terpilih sebagai Perempuan paling berpengaruh ke-23 di dunia versi Forbes tahun 2008 dan perempuan paling berpengaruh ke-2 di Indonesia versi majalah Globe Asia pada 2007 silam. Peraih gelar Master dan Doctor di bidang ekonomi dari University Illinois at Urbana-Champaign pada 1992 ini juga merupakan ibu dari 3 orang anak dan sudah memiliki cucu.  

3. Angkie Yudistia – Staf Khusus Presiden dari Kalangan Difabel

foto dok : katadata.id

Sosok perempuan berjilbab ini sebenarnya sudah lama terkenal aktif di dunia sosial dan ranah publik. Dia mendirikan Thisable Enterprise pada 2011, sebuah perusahaan sosial yang memiliki misi memberdayakan penyandang disabilitas di Indonesia. Angkie juga aktif sebagai pembicara dan narasumber, meski dengan keterbatasannya. Dia adalah salah satu bukti bahwa perempuan Indonesia juga bisa berprestasi dan memberikan kontribusi lebih pada lingkungan meskipun memiliki keterbatasan. Inspiratif bukan? Makanya enggak heran dong Omiyagoes, kalau Angkie ditunjuk sebagai salah satu staf khusus oleh Presiden Joko Widodo dari kalangan anak muda pada 2019 silam.

4. Aries Susanti Rahayu – Atlet Panjat Tebing

foto dok : viva news

Menjadi atlet panjat tebing telah mendobrak Aries untuk masuk dalam daftar 28 perempuan bersejarah versi Time, namanya lantas membawa harum Indonesia karena prestasinya di bidang olahraga. Dia merupakan atlet peraih 2 medali emas di Asian Games untuk kategori nomor kecepatan putri dan kategori beregu putri. Hingga dia menjadi satu-satunya perempuan Indonesia yang meraih 2 emas di ajang Asian Games 2018 lalu. Pada Oktober 2019 silam, Aries juga menjadi perempuan pertama yang berhasil memanjat 15 meter dalam waktu 7 detik. Wah, luar biasa ya Omiyagoes!

5. Alexandra Asmasoebrata – Pembalap Perempuan Pertama Indonesia

foto dok : POPBELA.com

Perempuan yang akrab disapa Andra ini pernah meraih gelar MURI sebagai pembalap perempuan pertama Indonesia. Memulai karier di arena balap pada usia 12 tahun, yaitu di ajang balap gokart kelas 60 cc. Beberapa kali Andra berhasil mengukir prestasi di ajang tersebut. Beberapa kali pula dia menyabet juara pertama di kelas tersebut. Setahun kemudian, dia mulai pindah ke kelas ber-cc lebih besar, yaitu 125 cc, bahkan dia sampai ke ajang setingkat ASEAN. Perempuan kelahiran 23 Mei 1988 ini juga sudah mengikuti berbagai kejuaraan internasional dan memenangkannya seperti 13th World Championship Junior dan 1st China Formula Campus Asian Division.

6. Aldila Sutjiadi – Petenis Perempuan Indonesia

foto dok : Jawa Pos

Kalau di era tahun 1990-an Omiyagoes mengenal Yayuk Basuki sebagai atlet perempuan Indonesia yang prestasinya sudah sampai kancah Internasional. Saat ini ada penerusnya, Aldila Sutjiadi yang telah memulai debut di dunia tenis sebagai pemain junior sejak 2008 ketika masih berusia 13 tahun. Untuk debut profesionalnya sendiri mulai di tahun 2010 saat ajang ITF Tournament di Jakarta, lalu menyusul beberapa prestasi terbaiknya saat memenangkan medali 2015 Southeast Asian Games di Singapura. Bukan hanya prestasi di bidang tenis lho Omiyagoes, perempuan yang sempat memenangkan medali emas di Asian Games tahun 2018 lalu ini juga berprestasi di bidang akademik dan lulus dengan nilai memuaskan dari University of Kentucky.

7. Defia Rosmaniar – Atlet Taekwondo

foto dok : beritabaik.id

Bergelut dengan taekwondo sejak menjadi pelajar SMP, Rosmaniar memenangkan medali emas di Asian Games 2018 untuk kategori perorangan perempuan. Defia merupakan penyumbang medali pertama yang diterima saat Indonesia menjadi negara tuan rumah di ajang Asian Games 2018. Perempuan kelahiran 25 Mei 1995 ini pernah mengikuti Sea Games, event multi-olahraga internasional pertamanya pada usia 18 tahun dan berhasil memperoleh medali perunggu di tim putri dan pasangan campuran. Dia mewakili Indonesia pada Asian Games Indoor and Martial Arts 2017. Dalam ajang itu dia memenangkan medali perunggu untuk kategori individu perempuan dan merupakan bagian dari skuat perempuan Indonesia yang mendapatkan perak dalam kategori tim.

8. Witri Wahyu Lestari – Dosen dan Ilmuwan Peraih Penghargaan

foto dok : Kumparan.com

Di ranah sains keberadaan perempuan masih terhitung sedikit dan ilmuwan masih didominasi laki-laki. Namun ada Witri Wahyu Lestari dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang pada 2018 lalu mendapatkan penghargaan di ajang internasional OWSD – Elsevier Foundation Awards for Early Career Women Scientist in the Developing World. Penelitian Witri yang diikutkan dalam kompetisi internasional tersebut berfokus pada bidang organologam dan kimia koordinasi khususnya jenis material Metal-Organic Frameworks (MOFs) dengan aplikasinya dalam bidang pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Penghargaan di ajang internasional OWDS ini diterima Witri sebagai wakil Indonesia yang akhirnya terpilih menang bersama 4 ilmuwan lainnya dari Bangladesh, Kamerun, Ekuador, dan Guyana. Doktor yang mengajar kimia anorganik di UNS Fakultas MIPA ini juga sudah melakukan banyak publikasi ilmiah sehingga bisa ikut serta dalam kompetisi.

Selain kedelapan perempuan Indonesia yang menginspirasi di atas masih ada banyak yang belum disebut lho Omiyagoes! Enggak nyangka kan, ternyata perempuan Indonesia bisa memiliki banyak prestasi bahkan sampai ke mancanegara. Omiyagoes paling terinspirasi dengan yang mana nih? Apapun bidangnya, kita patut bangga dengan kedelapan sosok perempuan inspiratif Indonesia ini.  

 

Share this Post: