Image-1596009847

8 Makanan Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Wajib Coba

Jalan-jalan tak lengkap tanpa membawa oleh-oleh, apalagi kalau Omiyagoes traveling ke Banyuwangi. Selain alamnya yang indah dengan deretan destinasi terkenalnya, Banyuwangi juga punya beragam makanan oleh-oleh yang khas lho. Letak Banyuwangi yang ada di Timur pulau Jawa dan berdekatan dengan Bali yang merupakan wilayah Indonesia Tengah juga membuat aneka makanan dan jajanannya unik. Mulai dari kue Bagiak sampai kopi khas Banyuwangi, yuk simak berbagai rekomendasi makanan oleh-oleh khas Banyuwangi yang dirangkum OMIYAGO berikut ini!

1. Kue Bagiak

foto dok : Detik Food

Sekilas kue Bagiak mirip dengan kue bagea yang khas dari Sulawesi dan Maluku, namun tekstur maupun rasanya beda Omiyagoes! Kue berbentuk persegi panjang dengan sudut oval ini punya perpaduan rasa manis, asin dan gurih yang unik. Selain itu tekstur dari kue Bagiak khas Banyuwangi terasa lebih lembut. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat oleh-oleh asal Banyuwangi ini terbilang sederhana, yaitu perpaduan dari tepung kanji, susu, telur, pelapah, garam dan gula. Oh ya Omiyagoes, selain rasa aslinya, Kue Bagiak juga dibuat dalam beberapa varian lho! Ada pisang, oka, keningar, wijen, durian, cokelat, jahe, serta stroberi.

2. Dodol Banyuwangi

foto dok : OMIYAGO

Dodol Banyuwangi umumnya terbuat dengan campuran buah salak di dalamnya, namun sekarang ini Dodol Banyuwangi juga dikombinasikan dengan jenis buah lain seperti buah naga. Hampir mirip dengan dodol di daerah lain, dodol khas Banyuwangi punya cita rasa manis, aroma khas dari perpaduan buahnya dan tekstur yang lebih lembut. Untuk Dodol Banyuwangi, OMIYAGO rekomendasiin nih supaya coba Dodol Buah Naga dari So Crispiyna yang terbuat dari tepung beras ketan yang diolah bersama buah naga yang memang banyak ditemukan di Banyuwangi. Rasa dan teksturnya pun unik, manis, kenyal dan terasa buah naga asli. Omiyagoes bisa menemukan Dodol Buah Naga So Crispiyna dan membelinya melalui OMIYAGO.

3. Ladrang Sabrang

foto dok : OMIYAGO

Sekilas Ladrang Sabrang mirip dengan cheese stick, namun kalau Omiyagoes bertandang ke Banyuwangi langsung Ladrang Sabrang yang merupakan salah satu oleh-oleh khasnya ini berbeda rasanya. Ladrang Sabrang memakai bahan dasar ubi jalar, selain juga menambahkan dengan tepung. Bahan dasar ubi jalar diolah menjadi sejenis keripik, yang bentuknya memanjang seperti cheese stik naum rasanya manis. Sebenarnya masyarakat Banyuwangi biasa menyebut oleh-oleh khas Banyuwangi ini sebutan sabrang saja, namun ada cerita tersendiri dari asal muasal nama Ladrang.

4. Untir-Untir

foto dok : Blanja.com

Dari namanya saja, mungkin Omiyagoes sudah bisa menebak jenis makanan oleh-oleh ini dibentuk dengan cara dipuntir sehingga namanya menjadi Untir-Untir. Makanan kering ini memiliki rasa manis dan tekstur yang renyah. Camilan Untir-Untir yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu ini memang unik karena memiliki bentuk menyerupai obeng berulir. Kalau diulik lagi sebenarnya Untir-Untir juga ditemukan di daerah Jawa, karena namanya pun diambil dalam bahasa Jawa dari kata berulir yang disebut dengan untir-untir. Camilan khas ini cocok banget Omiyagoes jadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Banyuwangi.

5. Tape Buntut

foto dok : GenPI.co

Dari namanya saja bikin Omiyagoes penasaran bukan, meskipun sudah pernah mencoba tape? Tape buntut dari Banyuwangi berbeda dengan jenis sajian tape lainnya, karenakan tape buntut dibungkus dengan menggunakan daun jati yang dibentuk menyerupai buntut atau ekor. Jadi cocok banget ya dinamai Tape Buntut. Oleh-oleh khas Banyuwangi satu ini merupakan salah satu makanan khas suku Osing asli Banyuwangi yang wajib banget untuk Omiyagoes coba dan bawa pulang saat jalan-jalan ke Banyuwangi.

6. Kopi Bayuwangi

foto dok : OMIYAGO

Omiyagoes udah tahu belum kalau Banyuwangi itu salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia? Bukan sekedar itu aja, kualitas kopi yang dihasilkan kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini menduduki peringkat ke-4 setelah Jamaica, Hawaii dan Toraja. Bahkan di Banyuwangi ada Desa Kemiren yang memiliki tradisi minum kopi yang disimbolkan sebuah ungkapan, sekali seduh kita bersaudara. Makanya, nggak herankan kalau hampir 3.900 ton kopi diproduksi di Banyuwangi setiap tahunnya. Kopi Banyuwangi yang khas ini bisa lho Omiyagoes beli melalui OMIYAGO, memiliki karakter earthy dan chocolate, kopi Banyuwangi wajib untuk dicoba oleh para pecinta kopi.

7. Klembem

foto dok : cookpad

Oleh-oleh khas Banyuwangi lainnya yang wajib Omiyagoes coba adalah kue Klembem yang merupakan resep jadul warisan nenek moyang. Kue Klembem ini berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan gula dan telur serta dibentuk seperti cangkang kura-kura. Kue Klembem ini cocok banget lho dijadikan oleh-oleh karena memang bisa bertahan cukup lama. Kue Klembem sendiri merupakan camilan sejenis kue bolu dengan tekstur yang lebih kering. Klemben juga disebut sebagai kue bolu kering dengan cita rasa manis yang oleh orang Banyuwangi juga sering dijadikan sebagai kue saat Hari Raya.

8. Kerupuk Rumput Laut

foto dok : albiyan11.wordpress.com

Kerupuk rumput laut juga jadi salah satu oleh-oleh khas Banyuwangi dengan cita rasa yang unik. Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, Kerupuk Rumput Laut khas Banyuwangi ini menggunakan bahan tambahan rumput laut yang merupakan salah satu hasil bumi di sekitar wilayah Banyuwangi yang menambah cita rasa kerupuk jadi unik. Apalagi selain terasa nikmat, penambahan rumput laut di dalamnya juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Rumput laut atau ganggang biru ini punya kandungan air, protein, karbohidrat, lemak, serat kasar dengan nutrisi seperti asam amino dan asam nukleat serta kandungan mineral yang kaya.

Wah! Unik dan patut dicoba ya berbagai makanan oleh-oleh khas Banyuwangi tadi. Kalau Omiyagoes ingin coba yang mana duluan nih? Oh ya, meskipun enggak ke Banyuwangi langsung Omiyagoes tetap bisa cobain berbagai makanan oleh-oleh tadi lho. Tinggal kunjungi aja website OMIYAGO dan temukan oleh-oleh khas Banyuwangi seperti Ladrang Sabrang, Dodol Banyuwangi sampai Kopi Banyuwangi ada lho. Langsung aja yuk meluncur ke website OMIYAGO!

Share this Post: