Image-1594359332

7 Olahan Ikan Asli Indonesia yang Jadi Kuliner Khas dan Oleh-Oleh

Pic by : OMIYAGO

Sebagai negara maritim yang dikelilingi lautan dan kekayaan hasil laut melimpah, Indonesia punya beragam kuliner olahan dari ikan yang unik dan berciri khas. Beberapa di antaranya olahan dari ikan patin, bandeng sampai ikan roa yang kemudian jadi makanan oleh-oleh dan kuliner terkenal dari tiap daerah. Omiyagoes yang suka banget makan ikan dan lagi cari oleh-oleh berbahan dasar ikan pasti penasaran dan mungkin aja belum pernah coba nih. Makanya langsung saja simak yuk!

1. Bandeng Presto

foto dok : OMIYAGO

Bandeng Presto terkenal banget sebagai salah satu oleh-oleh khas Semarang. Bahkan saking terkenalnya jadi oleh-oleh yang wajib dibawa kalau jalan-jalan ke Semarang. Bandeng Presto sering juga disebut sebagai bandeng duri lunak, karena memang duri-duri tajam yang ada dalam ikan bandeng bisa jadi sangat empuk saat sudah dimasak dengan alat presto. Namun yang membuat Bandeng Presto jadi salah satu produk olahan ikan yang disukai bukan hanya bagian duri ikan yang jadi empuk dan bisa dimakan, tapi juga karena bumbu ala Indonesia yang membuatnya terasa enak. Jadi kangen ya buat makan Bandeng Presto? Omiyagoes yang ngidam dan ingin Bandeng Presto asli dari Semarang bisa lho pesan dan beli melalui OMIYAGO.

2. Pempek

foto dok : OMIYAGO

Makanan oleh-oleh yang terkenal khas asli dari Palembang ini punya sejarah unik kalau Omiyagoes telusuri asal usul penggunaan nama Pempek yang sebenarnya diambil dari sebutan penjualnya. Olahan ikan dengan sagu ini menggunakan ikan tengiri. Ikan tenggiri yang digiling merupakan bahan dasarnya, lalu dicampur dengan tepung terigu, tepung sagu, gula pasir, bawang putih, dan garam. Setelah adonan siap, pempek digoreng hingga garing yang disajikan bersama mie kuning, irisan mentimun, dan kuah cuko. Jenis pempek beragam, tergantung bentuk dan isiannya, seperti kapal selam, lenjer, dan sebagainya. Omiyagoes kangen makan Pempek asli? bisa lho pesan salah satu brand Pempek asli dari Palembang yaitu Pempek Candy lewat OMIYAGO, dikirim langsung dari kota asalnya sudah pasti rasanya sesuai di lidah.

3. Otak-Otak

foto dok : OMIYAGO

Makanan khas ini populer di daerah Sumatera dan sekitarnya seperti di Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, dan Batam. Otak-otak terbuat dari ikan tenggiri, tepung sagu serta bumbu-bumbu, lalu dibungkus dengan daun pisang. Dengan bungkus daun tersebut, otak-otak kemudian dibakar supaya aroma pada daunnya bisa semakin terasa. Cara menyantap otak-otak yang biasa dilakukan adalah dengan mencocolnya ke sambal kacang atau sambal pedas. Omiyagoes yang memfavoritkan otak-otak selain aslinya dibungkus daun pisang dan dibakar, sekarang ada juga otak-otak dalam bentuk kering lho yaitu Otak-Otak Kering Omiyago. Terasa banget adonan ikan tenggirinya dan teksturnya renyah karena sudah dimodifikasi berbentuk kering sebagai camilan dan bisa dibawa kemana-mana maupun jadi bingkisan oleh-oleh.

4. Mangut Lele

foto dok : Masak Apa Hari Ini

Kalau Omyagoes belum pernah mendengar jenis kuliner ini, maka disarankan banget buat mampir ke daerah sekitar Semarang dan Yogyakarta di mana Mangut Lele berasal. Seperti namanya, kuliner asli Indonesia ini terbuat dari lele yang dimasak dengan kuah mangut. Bumbu mangut sendiri dibuat dari perpaduan cabai, tomat, bawang, kencur, dan santan yang menghasilkan cita rasa gurih sekaligus pedas yang menggigit. Spesialnya ikan lele sebelum dibumbui dengan mangut diasapi terlebih dahulu, hingga kering dan mengeluarkan aroma khas. Kuliner Mangut Lele ini cocok banget disantap dengan nasi hangat yang masih mengepul. Wah! Enggak kebayang deh gimana enaknya, dijamin mau nambah lagi.

5. Sambal Roa

foto dok : OMIYAGO

Ikan roa merupakan jenis ikan yang ada di perairan sekitar laut di Sulawesi dan Maluku, sangat terkenal menjadi olahan ikan khas orang Manado. Ikan Roa merupakan ikan laut jenis ikan terbang yang biasa disebut oleh orang Ternate Maluku Utara sebagai Ikan Galafea. Nah, selain biasanya diasap, ikan roa akhirnya juga dijadikan olahan sambal yang unik dengan aroma ikan roa asap. Sambal roa ini enak banget lho Omiyagoes, jika dinikmati bersama dengan nasi panas. Di Manado sendiri, sambal roa biasanya dinikmati juga bersama Bubur Manado. Meski jauh berasal dari Timur Indonesia, Omiyagoes tetap bisa lho mencicipi Sambal Roa yang khas ini. Karena aneka jenis Sambal Roa ada di OMIYAGO, tinggal pilih dan pesan aja.


6. Gohu Ikan

foto dok : Primarasa 

Indonesia juga punya hidangan ikan mentah bernama gohu ikan yang mirip dengan sashimi ala Jepang. Sajian asal Maluku Utara ini terbuat dari ikan tongkol atau ikan cakalang mentah yang dipotong dadu lalu diaduk bersama cacahan cabai rawit, bawang, dan perasan jeruk nipis. Uniknya sajian Gohu Ikan adalah perasan air jeruk nipis inilah yang membuat ikannya semakin segar dan aroma amisnya berkurang. Selain disajikan dengan air jeruk nipis, ada juga gohu ikan yang ditambah dengan siraman minyak panas supaya menambah rasa gurih. Wah penasaran ya ingin coba! Kalau lagi jalan-jalan ke Maluku Utara harus banget nih makan Gohu Ikan.

7. Kerupuk Ikan Pepija      

foto dok : Kampoeng Timoer

Olahan ikan yang terkenal di Indonesia biasanya juga dijadikan kerupuk. Salah satunya Ikan Pepija yang merupakan makanan khas yang wajib dibawa ketika wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke daerah seputar Kalimantan khususnya kota Tarakan. Ikan pepija yang tipis bisa dijadikan sebagai pengganti kerupuk, karena ikan asin ini memiliki tekstur seperti kerupuk. Nah, ternyata Ikan Pepija membutuhkan proses yang cukup sederhana untuk bisa menjadi olahan ikan siap konsumsi. Ikan Pepija dipotong bagian kepalanya lalu dicuci hingga bersih menggunakan air. Setelah dihilangkan bagian kepalanya, ikan pepija dibelah menjadi dua bagian untuk dibersihkan isi perutnya. Kemudian ikan yang sudah bersih langsung ditiriskan dan disimpan di dalam peti untuk dijemur keesokan harinya.

Wah! Banyak banget pilihan kuliner dan makanan oleh-oleh dari olahan ikan yang khas Indonesia ya Omiyagoes. Mulai dari Bandeng Presto, Otak-Otak, Pempek, Mangut Lele, hingga Kerupuk Ikan Pepija. Sekarang sudah enggak bingung lagi dong mau makan dan beli oleh-oleh apa. Oh ya, kalau kangen dan ngidam beberapa oleh-oleh khas yang terbuat dari olahan ikan terkenal seluruh Indonesia tadi bisa langsung lho cari di OMIYAGO. Gampang banget cukup buka website dan klik untuk pesan!

 

Share this Post: