Image-1494315159

7 Kuliner Favorit Indonesia

Bicara tentang kuliner, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang terkenal. Bahkan makanan-makanan ini kini sudah menjadi menu favorit masyarakat di Indonesia maupun mancanegara. Yuk cek, apa saja makanannya versi Omiyago!

Makanan – makanan ini juga masuk dalam kategori makanan yang sering dirindukan saat kita melakukan perjalanan panjang ataupun merantau ke negeri orang:

1.      Nasi Goreng

 

tripadvisor.co.uk

Makanan khas Indonesia yang berbahan dasar nasi putih ini dimasak dengan campuran bumbu rempah khas Indonesia. Nasi goreng sering disebut sebagai makanan ‘penyelamat’ orang Indonesia karena pembuatannya yang tidak sulit. Tidak hanya itu, karena nasi goreng sangat disukai, hampir semua rumah makan di Indonesia menyediakan nasi goreng sebagai salah satu menunya dengan variannya yang beragam.

 

2.      Rendang

Makanan khas Padang ini memiliki cita rasa yang sangat kuat. Dengan berbahan dasar daging serta rempah Indonesia yang kuat, rendang menjadi salah satu kuliner favorit Indonesia. Tidak hanya orang Indonesia yang menjadikan rendang sebagai kuliner favoritnya, bahkan di mancanegara, rendang berhasil masuk ke daftar 50 hidangan terlezat di dunia versi CNN Internasional. Kamu bisa dengan mudah menemukan rendang di seluruh restoran Padang yang tersebar hampir di seluruh belahan Indonesia.

 

3.      Sate

 

Mau berbahan dasar ayam, sapi, kerang, kambing atau apapun, selama ditusuk pada sebatang kayu lidi dan disiram bumbu yang sesuai, sate akan selalu terasa nikmat untuk disantap. Sate dimasak dengan cara dibakar di atas arang, perpaduan bumbu, kecap dan “rasa asap” dari arang membuat kamu tidak bisa menolak. Jadi, sate apa yang menjadi favoritmu? Sate Madura, sate Padang, sate rembiga atau sate taichan yang masih hits sampai saat ini?

 

4.      Soto

 

flickr.com 

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang disajikan dengan kuah yang di dalamnya terdapat daging atau bahan lainnya. Berbagai macam jenis soto sangat mudah ditemukan di setiap daerah di Indonesia, seperti Soto Banjar, Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Bogor, dsb. Bahkan beberapa tahun terakhir, makanan khas Indonesia ini dijadikan salah satu menu di acara pesta pernikahan.

 

5.      Gado-gado

 

foodspotting.com

 

Gado-gado dikenal sebagai salad khas Indonesia. Saat orang LN berkunjung ke Indonesia. mereka akan menyebut gado-gado sebagai Salad Jawa atau “Javanese Salad”.  Terdiri dari campuran sayur-sayuran matang yang dikombinasikan dengan potongan kentang, gado-gado disiram dengan bumbu kacang serta ditambah dengan kerupuk.

 

6.      Gudeg

 

resepsedapku.com

Bagi pecinta manis, pasti sangat suka dengan makanan ini. Ya, Gudeg, merupakan kuliner khas Yogyakarta berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Makanan khas Indonesia ini akan sangat enak jika disajikan dengan nasi hangat serta tambahan lauk seperti ayam goreng, telur, tempe dan juga krecek. Saat ini, kamu tidak perlu harus ke Yogyakarta untuk dapat menyantap masakan ini. Cukup pesan melalui Omiyago, kamu akan segera mendapatkan oleh-olehmu.

 

7.      Rawon

kooliner.com

Makanan khas Jawa Timur ini memiliki warna yang gelap karena terbuat dari kluwek, salah satu bahan kebanggaan Indonesia. Kluwek dapat membuat warna dari kuah rawon menjadi hitam pekat. Rawon biasanya disajikan dalam bentuk potongan daging dengan taburan taoge diatasnya. Rawon akan sangat enak jika dikonsumsi dengan nasi hangat dan telur asin.

Nah, ini dia 7 kuliner favorit Indonesia versi Omiyago! Yang mana makanan favorit kamu? Share ya!

Share this Post: