Image-1515574661

Awal tahun sudah dimulai, beberapa dari kita pasti sudah merencanakan apa saja yang akan menjadi resolusi di tahun 2018 ini, termasuk kamu juga kan? Meskipun resolusi itu terdengar cliché, namun itu sangat penting. Apalagi kalau kamu sudah punya tujuan dan impian yang jelas, karena resolusi tersebut dapat membantu mewujudkan mimpi-mimpi mu.

Resolusi dari setiap individu pun berbeda-beda mulai dari menurunkan berat badan, yang jomblo mau punya pacar baru, pengen skripsi lancar dan cepet lulus, dapat kerjaan dan lain sebagainya. Terlepas dari apapun isi resolusimu di tahun ini, ada beberapa hal penting berikut yang wajib ada di list resolusi kamu.

1.     Banyak Membaca Untuk Menambah Pengetahuan Baru

 

Pinterest Upsocl

Sering dengar dengan kata “Buku adalah jendela dunia” kan? Yups, ini memang benar, bahwa dengan membaca kamu bisa membuka jendela tersebut.

Karena dengan membaca tentu sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan dan membentuk pola pikir yang positif. Dari membaca juga akan membuatmu semakin termotivasi dalam mewujudkan hal-hal yang positif pula.

2.     Pelajari Hal-hal Baru Untuk Mengasah Skill-mu

 

Pinterest Eva Kolenko

Keahlian apa yang sudah kamu kuasai? Atau keahlian apa yang ingin kamu kuasai selama ini? Di dunia kerja itu tidak hanya dibutuhkan satu keahliaan saja, karena terkadang kamu dituntut untuk bisa menguasai hal-hal lain untung mendukung pekerjaan yang kamu lakukan sekarang. Seperti contoh seorang programmer tidak hanya dituntut tau tentang coding saja, namun harus mengerti design.

Keahlian apapun yang kamu inginkan, intinya, cobalah pelajari hal-hal baru setiap harinya ketika kamu memiliki waktu luang. Suatu saat nanti kamu pasti bangga dan bersyukur karena sudah mempelajari dan menguasai beberapa keahlian tersebut.

3.     Hidup Hemat

 

Pinterest Mique provost

Seberapapun pendapatan kamu setiap bulannya, jika pengeluaran mu besar dan tidak bisa berhemat pasti kamu akan selalu merasa kurang.

Cobalah mencatat semua pengeluaran mu dan mulai mengkategorikan segala keperluan mana yang prioritas dan yang tidak. Dengan begitu kamu bisa membedakan atau mengalokasikan dana khusus untuk kebutuhan rutin atau yang memang harus dipenuhi dan hal-hal yang bisa dipenuhi karena keperluan penting tertentu.

4.     Cari Pendapatan Tambahan

 

theaffiliatelifestyle.com

Untuk mengimbangi pendapatan dan pengeluaran keuanganmu ada baiknya juga untuk mencari pengahasilan tambahan. Hal ini bisa kamu dapatkan mulai dari kegiatan yang kamu sukai. Jika hobi isa menghasilkan uang maka kamupun akan semangat untuk menjalaninya.

5.     Mulai Investasi

 

Menabung merupakan hal yang sangat penting, karena sewaktu-waktu kamu membutuhkan, kamu bisa mengambilnya dan menggunakan kapan saja. Tapi tidak ada salahnya jika kamu juga mulai ber-investasi.

Dengan berinvestasi, kamu bisa mendapatkan bunga sebagai keuntunganmu. Dari keuntungan tersebut bisa kamu tarik kapan saja, atau diinvestasikan kembali untuk semakin meningkatkan bunga keuntungan.

6.     Olahraga

 

Pinterest Creative Market

Untuk mencapai resolusi kamu dibutuhkan tubuh yang sehat. Dan jika kamu telah mencapainya tapi kamu tidak sehat juga pasti akan merasa akan ada hal yang kurang. Ada istilah, buat apa punya banyak uang kalau kamu tidak boleh makan ini-itu, terutama makanan kesukaanmu? Uang habisnya cuma untuk biaya berobat? Biaya berobat itu tidak murah, lho!

Bila tubuh mu tetap sehat, kamu bisa fokus dalam mewujudkan resolusimu yang lain. Dan kamu bisa menjalani kegiatan-kegiatan yang selama ini kamu senangi. Bener, kan?

Itu tadi beberapa list wajib ada dalam resolusi kamu. Cobalah untuk menerapkannya secara perlahan dan lama kelamaan kamu pasti terbiasa melakukannya. Jadi apa resolusimu? Siapkah kamu mewujudkan resolusimu di tahun 2018 ini?

Share this Post: