Image-1494311699

5 Sambal Khas Indonesia Yang Terpopuler

Untuk orang-orang yang memiliki lidah asli Indonesia, pasti makanan terasa kurang lengkap kalau gak ada sambal! Yups, sambal ini seperti pelengkap hampir semua masakan yang tidak bisa dipisahkan dari orang-orang kita. Rasa pedas dan menggigit membuat sebagian besar orang untuk lebih lahap menyantab hidangannya.

Nah, di Indonesia sendiri punya banyak jenis sambal yang wajib kamu coba. Apa saja itu? Penasaran? Yuk, baca beberapa sambal dibawah ini.

1. Sambal Cabe Ijo

fitrijaka[blogspot]

Sambal yang satu ini hampir semua orang kenal kan? Terutama buat kamu yang suka makan masakan padang. Sambal ini memiliki rasa yang khas dan juga tidak begitu pedas, inilah yang membuat sambal cabe ijo jadi sambal yang paling cocok buat masakan padang yang bersantan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ini juga tidak banyak, kamu hanya perlu menyiapkan cabai hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih, dan garam.

 2. Sambal Terasi

resepumi[com]

Ini dia, sambal favorit semua orang, Sambal Terasi. Sambal yang paling cocok untuk menemani makanan kamu ini emang rasanya seger dan baunya terkadang bikin kita tergoda untuk mencicipinya. Rasa dan bau terasi yang khas membuat sambal ini makin enak dan jadi favorit. Ada dua pilihan untuk sambal terasi ini, bisa sambal matang atau sambal mentah. Dan dua-duanya enak!

 3. Sambal Bawang

 

youtube

Sambal ini merupakan sambal yang paling sering dijumpai dan sangat mudah untuk membuatnya, namun sangat digemari oleh pencinta sambal karena rasanya yang cukup pedas. Sesuai dengan namanya, sambal ini dibuat dengan menjadikan bawang merah dan putih sebagai ciri khas utamanya yang justru makin membuat nikmat dan pedas. Rasa bawang putih yang kuat akan semakin membuat rasa pedasnya keluar, sementara rasa bawang merah yang kuat akan menambah semakin sedap sambal ini.

 4. Sambal Bajak

 

youtube 

Buat kamu yang ingin makan sambal tapi tidak mau terlalu pedas, kamu bisa mencoba sambal yang satu ini. Sambal Bajak memiliki rasa pedas manis sehingga cocok untuk kamu yang kurang suka makan pedas. Sambal ini mudah ditemukan di warung makan atau warteg terutama daerah Jawa Tengah dan biasanya sering digunakan untuk cocolan makan gorengan. Untuk membuatnya pun cukup gampang, kamu cukup menumis cabai merah, bawang merah dan tomat merah sampai layu. Kalau sudah, ulek sama terasi, garam dan gula merah.

 5. Sambal Tomat

 

bisikan[com]

Sambal yang sebenarnya mirip sama sambal bajak ini cara membuatnya pun sangat mudah. Hampir sama dengan cara pembuatan sambal bajak namun bedanya, sambal ini punya rasa yang lebih segar dan gurih. Sambal ini lebih banyak pada tomatnya yang membuat rasa semakin segar, namun justru pedasnya semakin terasa. Sambal tomat paling cocok dihidangkan dengan ayam goreng dan nasi hangat.

Share this Post: