Image-1564731974

5 Oleh-oleh Khas Padang Selain Rendang

 Pic by What a Cook Today

Padang, salah satu kota yang terkenal sebagai sentra kuliner di Sumatera yang kaya bumbu rempahnya. Kelezatan rendang khas Padang yang begitu populer memang sudah nggak perlu diragukan lagi. Selain santan dan rasa pedas yang menjadi ikon dari Padang, banyak juga oleh-oleh yang nggak kalah enak lho Omiyagoes. Nah biar Omiyagoes nggak lupa. Berikut ragam oleh-oleh yang harus Omiyagoes coba kalau berkunjung ke Kota Padang. Yuk, langsung simak!

1. Krakaliang

foto dok : Omiyago

Olahan ubi kayu khas Minangkabau, Sumatera Barat yang satu ini bentuknya mirip dengan lanthing, oleh-oleh dari Jawa. Namun kerupuk tradisional dari Padang ini berbeda dari segi penggunaan bahan dasar, krakaliang diolah dari ubi kayu yang diparut dengan campuran bumbu seperti bawang putih, garam, merica dan sejumlah bumbu khas lainnya. Camilan yang bisa ditemukan di Bukittinggi, Payakumbuh ini juga dikenal sebagai kerupuk untuk menemani bersantap makanan berkuah seperti soto dan bakso. Wah, makanan apapun pasti jadi lebih enak ya kalau dimakan sama karakaliang ini. Omiyagoes bisa lho menemukan oleh-oleh Kerupuk Krakaliang di OMIYAGO dari merek Rina Sinjai. 

2. Galamai

foto dok : Indonesia Kaya

Oleh-oleh ini bisa disebut juga sebagai dodolnya Padang nih, Omiyagoes! Galamai adalah camilan tradisional khas Sumatera Barat berbahan dasar tepung beras ketan, gula aren dan santan. Bedanya dengan dodol atau jenang, dalam adonan galamai ini terdapat taburan kacang tanah yang sudah disangrai sehingga memberikan sentuhan rasa gurih dan renyah. Nah biasanya galamai ini dibuat saat ada perayaan hari raya atau pesta adat. Jadi bisa masuk ke list oleh-oleh kamu nih, Omiyagoes.

3. Bareh Randang

foto dok : minangnantigo

Meskipun ada kata randang, camilan ini sama sekali tidak memiliki rasa maupun bentuk seperti rendang lho, Omiyagoes! Dari segi cita rasa, bareh randang terasa manis dan punya bentuk bulat atau persegi empat kecil yang pipih, lunak dan berwarna putih. Camilan ini diolah dari beras yang disangrai dengan rempah-rempah yang khas. Bareh randang yang berasal dari wilayah Payakumbuh, Lima Puluh Kota, Agam, dan Tanah Datar ini biasa disajikan saat acara khusus prosesi adat seperti acara pernikahan.

4. Dakak

foto dok : Omiyago

Selain karakaliang, olahan kerupuk lainnya yang bisa Omiyagoes jadikan oleh-oleh adalah dakak. Hadir dalam ukuran mini, dakak terbuat dari bahan dasar tepung beras yang diolah dengan berbagai bumbu rempah pilihan. Kekhasan kerupuk dari Sumatera Barat yang terbuat dari ubi ungu ini adalah paduan bumbu kunyit, bawang putih dan irisan daun seledri. Nggak heran cita rasanya yang gurih-manis dengan tekstur renyah bercampur rasa rempah di dalamnya ini sangat disukai masyarakat dan sering jadi buah tangan saat berkunjung ke Kota Padang. Nah, di OMIYAGO camilan oleh-oleh Dakak ini ada dua varian, Dakak Ubi Ungu dan Dakak Putih dari merek Rina Sinjai. 

5. Kerupuk Jangek

foto dok : Apasih.web

Siapa sih yang nggak suka sama kerupuk satu ini? Kalau ke Rumah Makan Padang pasti Omiyagoes sering menemukan kerupuk jangek kan? Kerupuk jangek atau yang lebih kita kenal dengan kerupuk kulit ini memang punya cita rasa dan kekhasannya tersendiri ya, Omiyagoes. Mulai dari bahan dasar pembuatan sampai rasanya, kerupuk jangek hadir dengan rasanya yang gurih dan renyah sehingga cocok untuk dijadikan teman saat menyantap makan-makanan yang berkuah. Kerupuk yang dibuat dari kulit kerbau atau sapi ini jangan sampai luput dari daftar oleh-oleh kamu ya, Omiyagoes.

Nah selain lima pilihan oleh-oleh tadi, masih banyak lho oleh-oleh khas Padang yang bisa Omiyagoes coba. Beberapa oleh-oleh khas Minang seperti dendeng atau keripik balado juga bisa Omiyagoes pesan secara online tanpa perlu jauh-jauh ke Padang. Mau tau kreasi makanan unik khas Padang lainnya? Yuk langsung aja ke situs OMIYAGO dan order!

 

Share this Post: