Image-1591936093

5 Olahan Makanan Berbahan Udang yang Populer di Indonesia

Pic by : chicanoeats.com

Jenis seafood yang satu ini sering ada dalam menu favorit sehari-hari. Cita rasanya gurih dan biasanya dijadikan kaldu dan bumbu pada masakan. Itulah udang, makanan hasil laut kaya gizi yang jadi kesukaanya banyak orang. Udang kaya akan omega-3, asam amino, dan juga mengandung kalsium serta protein yang tinggi. Meski begitu, kadar lemak jenuh yang ada pada udang termasuk rendah lho Omiyagoes. Selain memiliki cita rasanya yang khas dan enak, udang juga termasuk seafood yang fleksibel saat diolah menjadi makanan. Omiyagoes yang sangat menyukai makan udang kenalan yuk dengan beberapa olahan makanan dari udang yang populer ini!

1. Sambal Udang

Cita rasanya yang gurih membuat udang sering dijadikan bumbu masak dan bahan tambahan pada sambal. Omiyagoes pasti suka sambal dong? Nah sambal khas asli Nusantara ada juga yang berbahan dasar udang. Biasanya jenis udang yang dipakai untuk bumbu masak dan sambal adalah udang ebi dan udang rebon yang bentuknya kecil-kecil. Seperti Sambal Rebon Cabe Ijo dari brand Vighy yang merupakan olahan sambal ijo dengan tambahan bahan udang rebon di dalamnya ikut menambah cita rasa sambal menjadi semakin nikmat. Ada juga Sambal Tabur Udang Ebi Kapuas yang khas dari Pontianak. Meski namanya sambal tabur, namun jenis olahan udang yang satu ini teksturnya seperti abon udang. Kedua jenis sambal ini praktis dan higienis banget untuk dijadikan pelengkap makanan dan paling enak tentu saja dinikmati bersama nasi panas. Rasanya pedas mantap berpadu gurih udang sehingga unik dan bakalan menggugah selera makan Omiyagoes.

2. Terasi Udang Rebon

Kalau terasi sudah pasti Omiyagoes yang suka nyambel dan masak tahu nih, tapi sudah tahu belum kalau bahan pembuatan terasi juga didapat dari udang yang dikeringkan? Terasi atau disebut juga belacan menjadi bumbu masak berbahan udang yang memberi rasa khas dan umum dipakai pada masakan Nusantara Omiyagoes. Nah, karena cita rasa udang yang sudah asli gurihnya, terasi udang pun tidak lagi memerlukan bahan tambahan MSG. Seperti jenis terasi udang yang diproduksi oleh produsen bumbu makanan tradisional Maju Jaya 57 asli Juawana dari kota sudah tak perlu diragukan lagi cita rasanya karena produsen tersebut sudah sangat terkenal kualitas setiap produknya. Dengan kemasan botol praktis, terasi pun bisa dibawa bepergian ketikan akan traveling dan tinggal lama di luar negeri.

3. Bawang Goreng Udang Rebon

Bawang goreng sering jadi taburan yang bikin masakan makin harum dan menggugah selera makan. Biasanya bawang goreng juga divariasikan dengan ikan teri atau ditambahkan bubuk cabai. Tapi bakal makin enak nih, kalau bawang goreng dikombinasikan dengan udang rebon Omiyagoes! Sudah pasti gurih dan berpadu aroma bawang yang menggoda. Seperti Bawang Goreng Udang Rebon dari Bangjeri yang merupakan perpaduan cabe kering serta bawang goreng dan udang rebon. Jadi rasanya enggak hanya gurih aja, tapi ada pedasnya dan tekstur bawangnya garing renyah menambah cita rasa. Mau itu makan mi, soto, bubur, sampai nasi goreng, rasanya pasti makin mantap deh kalau ditambah taburan Bawang Goreng Rebon Bangjeri.

baca juga : 5 Makanan Unik Asli Nusantara Hasil "Pembusukan"

4. Udang Goreng Crispy

Saat ini ada banyak banget olahan seafood frozen yang dijual dipasaran. Tapi apakah bebas pengawet atau tambahan MSG? Padahal mengolah seafood yang fresh enggak susah juga sebenarnya Omiyagoes dan masih ada kok olahan seafood yang dibuat dari bahan segar, tanpa pengawet maupun tambahan MSG. Nah, makanya daripada Omiyagoes mengkonsumsi olahan seafood frozen, tetap lebih baik pilih udang segar pilihan dong. Makanya Omiyagoes rekomendasikan untuk coba Udang Goreng Crispy dari Rumah Abon yang terbuat dari udang segar pilihan dipadu bumbu rempah. Udang dengan kulit tepung yang renyah dan lembut tekstut dagingnya ini cocok untuk dijadikan kombinasi makanan, lauk, dan nikmat dimakan langsung sebagai camilan. Meski praktis tinggal dimakan, olahan udang ini dibuat tanpa pengawet lho Omiyagoes! Sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan dan bisa tahan lama karena menggunakan kemasan modern kedap udara yang mampu menjaga kesegaran, tekstur, dan cita rasanya.

5. Camilan Berbahan Udang 

Nah, masuk dalam kategori camilan ada banyak lho beragam jenis kudapan dari udang. Omiyagoes mesti cobain nih Pastel Udang Omiyago, Sumpia Udang Omiyago, dan Keripik Cireng Omiyago rasa udang. Wah, banyak ya? Ternyata enggak hanya makanan Indonesia berbahan dasar udang saja atau jajanan seafood saja. Camilan pun banyak yang mengambil udang sebagai isian maupun salah satu varian rasa. Makanya Pastel Udang, Sumpia, dan Keripik Cireng rasa udang dari OMIYAGO ini bisa banget jadi alternatif camilan saat santai. Camilan berbahan udang ini juga praktis bisa Omiyagoes bawa saat berpergian maupun disimpan lama kalau sesekali sedang ingin ngemil.

Olahan makanan dari seafood udang memang menarik untuk dicoba, bisa bikin Omiyagoes meneteskan air liur kalau membayangkannya. Mau itu dalam olahan sambal, terasi untuk bikin sambal, bawang goreng, sampai udang goreng crispy, dan yang terakhir camilan berbahan udang dari OMIYAGO. Penasaran langsung ingin coba kan? Buruan cek website OMIYAGO aja yuk dan pesan beragam olahan bumbu dan makanan dari udang dan camilan berbahan udang tadi!

Share this Post: