Image-1588657444

5 Makanan Buka Puasa Sehat, Cocok untuk Diet Selama Bulan Ramadan

Pic by : willfrolicforfood.com

Bulan puasa memang lebih banyak menahan lapar dibanding merasa kenyang. Tapi tahukah Omiyagoes? Seringkali saat Ramadan justru berat badan cenderung naik karena metabolisme yang melambat. Terlebih saat buka puasa, justru kita makan lebih banyak selepas menahan lapar lebih dari 12 jam. Makanya perlu banget untuk tetap konsisten menerapkan gaya hidup sehat dengan memilih jenis makanan sehat yang juga cocok untuk diet selama bulan Ramadan. Apa saja ya? Yuk kita simak!

1. Kurma

foto dok : lifepal.co.id

Paling pertama banget yang menjadi makanan sehat selama bulan Ramadan tentu saja kurma, seperti yang dicontohkan Rasullulah SAW. Kurma memiliki kandungan serat tinggi, protein, potasium, kalium, magnesium, mangan, zat besi, serta vitamin B6 yang dibutuhkan sebagai sumber energi oleh tubuh. Kandungan polifenol yang tinggi pada kurma menjadi senyawa antioksidan yang akan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, Omiyagoes yang benar-benar ingin berdiet bisa lho hanya mengonsumsi kurma dan air putih saja untuk buka puasa. Nantinya tubuh Omiyagoes akan mengambil cadangan makanan yang berasal dari lemak namun tetap ternutrisi dengan adanya zat dan gizi yang ada pada kurma.

2. Kentang tumbuk

foto dok : delish.com

Sumber karbohidrat tetap harus ada selagi puasa karena dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Nah, Omiyagoes yang biasa mengonsumsi nasi putih, bisa menggantinya dengan sumber karbohidrat lain yang lebih rendah gula seperti kentang. Kentang juga mengandung serat yang baik bagi bakteri di usus, selain juga ada antioksidan, kalium, asam folat yang baik bagi ibu hamil, vitamin B6 dan vitamin C. Namun tentu cara mengolahnya harus benar dengan dikukus jangan digoreng. Meski dikukus, kentang tetap akan terasa lezat karena Omiyagoes menambahkan irisan daun parsley yang akan membuatnya harum dan lebih berselera. Selain daun parsley, Omiyagoes bisa juga memberi sedikit taburan keju cheddar pada kentang tumbuk sebagai salah satu sumber kalsium harian dan agar lebih enak lagi, beri sedikit taburan garam dan merica ya Omiyagoes!

3. Roti gandum

foto dok : sajian sedap

Sumber karbohidrat lain yang baik dikonsumsi selama bulan puasa adalah roti gandum. Roti gandum sangat kaya akan serat dan mineral seperti zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K. Mengonsumsi roti gandum secara rutin bakal meningkatkan kesehatan pencernaan Omiyagoes selama menjalankan ibadah puasa, karena kandungan serat dan vitamin di dalamnya ikut membantu melancarkan gerakan usus dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Nah, biar terasa enak roti gandum bisa Omiyagoes sajikan menjadi sandwich dengan isian tuna atau sumber lemak baik seperti buah alpukat. Jangan lupa untuk menambahkan sumber makanan lain seperti sesendok madu dan beberapa butir kurma agar kebutuhan nutrisi harian lainnya tetap terpenuhi.

4. Sup Bening dan Jamur

foto dok : Grid.id

Makanan yang berkuah saat buka puasa tentunya akan buat Omiyagoes makin berselera. Omiyagoes bisa menjadikan menu sup setiap hari selama bulan puasa dengan variasi yang berbeda seperti sayuran bening dengan wortel, kentang, buncis, tomat, berpadu dengan sumber protein dari daging ayam yang juga bisa dijadikan kaldunya dengan variasi menggunakan ikan dori. Sesekali Omiyagoes juga bisa menyiapkan menu buka puasa berupa sup jamur yang memiliki kandungan antioksidan, membuat kenyang karena memiliki serat, serta mengandung vitamin B dan vitamin D. Oh ya, apapun jenis sup yang dibuat, sajikan dalam keadaan hangat agar lebih terasa enak saat disantap.

5. Ikan Salmon dan tuna

foto dok : bhg.com

Selama menjalani ibadah puasa, tentunya Omiyagoes juga membutuhkan sumber protein. Nah, sesekali sajikan menu ikan seperti jenis ikan salmon dan tuna yang sangat mudah mengolahnya. Salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3, kalium, selenium, dan vitamin B12 yang sangat baik untuk dikonsumsi selama menjalani diet. Sementara ikan tuna merupakan sumber protein yang lengkap dengan kandungan asam amino untuk pembentukan hormon, enzim, kolagen, dan antibodi. Tuna juga merupakan sumber makanan sehat yang menyehatkan bagi jantung karena memiliki asam lemak sehat yang mampu mencegah peradangan di dalam tubuh. Mengolah kedua jenis ikan ini pun terbilang mudah, Omiyagoes hanya perlu membumbui lalu memanggangnya dalam oven, dan diberi sedikit saus.

Ternyata diet dan makan sehat selama puasa gampang kan Omiyagoes? Makin semangat dong untuk menjalankan ibadah puasa tahun ini. Apalagi menu sehat selama bulan puasa ternyata juga bisa tetap enak dan banyak variasinya. Nah, untuk makin melengkapi kekhusyukan menjalankan ibadah puasa Omiyagoes cek juga beberapa Paket Ramadhan Spesial dari OMIYAGO yang bisa dijadikan hampers maupun menu sahur dan berbuka. Yuk langsung saja kunjungi web OMIYAGO.

 

Share this Post: