Image-1494313023

Selain kaya wisata alam dan budaya, Indonesia juga menjadi destinasi top untuk wisata kuliner. Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kementerian Pariwisata, Lokot Ahmad Enda menyatakan bahwa sektor kuliner berhasil menjadi penyumbang PDB (Produk Domestik Bruto) terbesar kedua setelah fashion (sumber: travel.dream.co.id). Terkait akan hal tersebut, Kemenpar telah menetapkan 5 destinasi teratas wisata kuliner Indonesia.

Berdasarkan beberapa standard penilaian, Bali, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Bandung berhasil masuk mewakili daerah lainnya. Destinasi ini dipilih berdasarkan kesiapan dari industri terkait dalam pengembangan kuliner, dukungan pemerintah kota dan masyarakatnya serta kebersihan kota dan ikon makanannya. Yuk, simak 5 kota di Indonesia yang siap menggoyang lidah kamu!

1. Bali

 

Siapa yang tidak tau tentang Bali? Bali merupakan salah satu surga wisata pantai di Indonesia yang juga menjadi salah satu kota destinasi wisata kuliner. Salah satu kuliner yang menjadi ciri khasnya adalah Betutu. Betutu adalah lauk yang berbahan dasar ayam atau bebek utuh yang diberi bumbu dan dimasak dalam api sekam. Betutu ini sangat dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Konsumennya pun tidak hanya masyarakat Bali, namun turis mancanegara juga menyukai kuliner yang satu ini.

2. Semarang

 

Selain kebudayaannya yang masih kental, Semarang juga menyimpan banyak kuliner yang tidak kalah dari kota lainnya. Bandeng presto, salah satu makanan khas Semarang yang memiliki banyak penggemar. Dimasak pada alas daun pisang dengan uap air bertekanan tinggi ini membuat ikan bandeng yang terkenal memiliki banyak duri menjadi sangat lunak, hingga duri-duri ini tidak terasa saat dikonsumsi. Bandeng presto ini memiliki rasa yang gurih karena dibumbui dengan bawang putih, kunyit dan garam.

3. Solo

 

Kita ketahui jika Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak sekali jenis makanan dan minuman khas dari makanan ringan hingga makanan yang dapat mengenyangkan. Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki keistimewaan karena menyajikan seluruh jenis makanan dan minuman tersebut dengan ciri khasnya. Serabi Notosuman merupakan salah satu wisata kuliner solo yang mampu membuat banyak orang ketagihan untuk datang ke kota ini. Serabi Kinca dan Oncom adalah salah satu menu khas Serabi Notosuman. Kamu juga bisa memilih serabi rasa cokelat ataupun original jika ingin mencicipi serabi yang manis.

4. Yogyakarta

 

Kota yang satu ini memang selalu mampu menghadirkan kesan teramat baik bagi para wisatawan yang datang. Kota yang terkenal dengan sebutan kota pelajar ini merupakan salah satu surga para wisatawan dengan berbagai macam destinasi wisata yang ada didalamnya baik wisata alam maupun wisata kuliner. Salah satu kuliner yang terkenal dan menjadi identitas dari kota ini sendiri adalah Gudeg Jogja. Gudeg dapat ditemui dari Gudeg kaki lima hingga bintang lima. Selain Gudeg, kamu juga bisa menikmati oseng mercon, bakpia serta makanan lainnya.

5. Bandung 

Surga wisata kuliner lainnya yang bisa kamu jumpai adalah Bandung. Tempat wisata yang satu ini tidak hanya menawarkan berbagai panorama yang mencerahkan hati, melainkan juga menyediakan berbagai kuliner yang menggoyang lidah. Jika kamu tengah berlibur dikota ini, maka kamu wajib mencicipi berbagai jajanan khas bandung seperti batagor, siomay, pisang molen dll. Kota kembang ini juga menghadirkan makanan yang dapat mengenyangkan seperti soto Bandung dan mie kocok.

Yuk, segera rencanain liburan kamu ke 5 destinasi di atas dan nikmati kulinernya! Kalo kamu tidak sempet membeli oleh-oleh disana atau males bawa bawaan berat, kamu bisa langsung order ke omiyago.com dan dapetin oleh-olehmu tanpa ribet.

Share this Post: