Image-1515143890

Beberapa dari kita mungkin ada yang suka liburan ditempat yang mewah dan nyentrik di ibukota, tapi tak sedikit pula yang tertarik dengan kesederhanaan dari pedesaan. Yang tentu saja berlibur di pedesaan itu lebih memungkinkan untuk mendapatkan udara yang segar dan jauh dari polusi udara seperti di kota-kota.

Nah ngomongin soal liburan di desa, liburan natal tahun kemarin ada nih teman Omiyago yang berlibur di suatu desa yang memiliki udara yang sejuk, masih banyak pepohonan dan cocok untuk kamu yang membutuhkan ketenangan. Nama desanya yaitu Purwodadi, Gorobogan di Jawa Tengah. Sekitar 3,5 jam dari kota Semarang.

Tempat wisata mana yang bisa kamu kunjungi dan kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di Purwodadi?

1.     Selfie di Tengah Hijaunya Sawah

Di Grobogan kamu bisa menemukan banyak sekali hamparan sawah nan hijau. Saat bulan desember kemarin, petani setempat sedang menunggu waktu untuk panen padi dan jagung. Sebelum di panen, kamu bisa bermain disawah sambil mencoba jadi petani yang sedang menjaga padi agar tidak dimakan oleh burung-buruh sawah.

Ditengah hijaunya pohon padi kamu bisa berfoto selfie dengan background yang tidak dapat kamu temukan di ibukota. Asik bukan?

2.   Melihat Letusan Lumpur Panas Abadi di Bledug Kuwu

 

Instagram @ Instagram @thisisindonesian

Bledug Kuwu merupakan salah satu destinasi wisata lumpur abadi yang dapat kamu temukan di daerah Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, atau berjarak sekitar 30 km ke arah timur Kota Purwodadi. Disebut dengan lumpur panas abadi karena lumpur disini tidak pernah berhenti meletus-letus setiap 30 detik.

Memasuki kawasan ini kamu akan melihat lahan kosong seluas kurang lebih seluas 45 hektar. Semakin siang terlihat semakin ramai. Pengunjung pun diarahkan untuk maju perlahan menuju ke arah asap yang telah mengepul di atas bentangan tanah yang luas. Ikuti arah sesuai dengan intruksi dari penjaga ya, karena kalau salah injak bisa-bisa kamu terpelosok ke dalam lumpur. Hiii sereemmm~ Semakin kita mendekat, semakin nyaring terdengar bunyi ledakan nan dahsyat. Tapi jangan terlalu dekat juga ya melihatnya, untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

FYI, nih #omiyagoes kalau ternyata air yang terkandung dalam lumpur tersebut juga mengandung garam lho! Hal ini menjadikan daya tarik tersendiri, padahal lokasi Bledug Kuwu ini berlokasi sangat jauh dari laut. Oleh warga setempat, dijadikan ladang penghasilan dengan cara membuat garam melalui cara tradisional. Air semburan lumpur yang mengandung garam oleh penduduk dialirkan melalui parit buatan dan ditampung pada sebuah kolam. Air tersebut ditimba dan diisikan ke dalam klakah (batang bambu yang dibelah  menjadi dua). Klakah-klakah yang sudah terisi air selanjutnya dijemur di bawah terik matahari hingga membentuk kristal-kristal garam. Jadi selain berwisata, kamu juga sambil belajar bagaimana cara membuat garam.

Lokasi: Jl. Wirosari-Kuwu, Kuwu, Kradenan, Grobogan

Tiket masuk: Rp 3.000,-

3.   Kolam Air di Tengah Sawah

 

Di Desa Tegalrejo ada tempat wisata baru namanya Embung Mini Tegalrejo. Embung merupakan bangunan konservasi air berbentuk kolam untuk menampung air hujan dan air limpasan serta sumber air lainnya untuk mendukung usaha pertanian, perkebunan dan peternakan terutama pada saaat musim kemarau. Namun, di desa ini dibuat khusus untuk tempat wisata.

Disini kamu bisa melihat kolam buatan besar yang berada ditengah sawah yang ditanami pohon tebu, jagung bagi para pengunjung. Nah, disini kamu juga bisa mancing sambil menunggu matahari terbenam. Lebih asiknya lagi, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk dapat masuk kesini. Lumayan bisa buat beli bakso duitnya hehe~

4.   Nikmatnya Makan Bakso Diantara Pohon Jagung

 

 

Sudah pernah makan bakso tapi disekitarnya banyak pohon jagung belum? Nah, buat yang belum kalau kamu sedang berkunjung ke Embung Mini Tegalrejo jangan lupa untuk mampir ke Mie Ayam dan Bakso Embung.

Makan bakso pedas sambil menikmati pemandangan pohon jagung itu bisa jadi hal yang unik dan menarik, karena jarang-jarang kan bisa nemuin tempat yang kayak gini? Soal harga jangan ditanya lagi, yang pasti murah. Harga semangkuk bakso kamu cukup membayar dengan 10rb rupiah saja.

5.   Yang Terkini di Desa Purwodadi

 gurukecil.com

Pada tahun 2016 Purwodadi telah dibuka tempat wisata baru yang menyediakan berbagai fasilitas untuk liburan keluarga namanya Master Park dan Danau Resto Purwodadi. Disini kamu bisa bermain air dikolam renang yang teridiri dari kolam untuk balita, kolam permainan anak, kolam arus dan kolam dewasa.

Selain taman air, terdapat juga wahana rumah aku ingin pintar. Wahana rumah aku ingin pintar menjadi sarana edukasi untuk anak dimana didalamnya diisi oleh ensiklopedi pengetahuan yang mudah dipelajari oleh anak-anak.

Disini kamu juga bisa menikmati wahana yang mengajarkan kamu menjadi pilot. Kamu bisa berperan sebagai pilot dan kopilot yang tengah mengemudikan pesawat. Kamu dibebaskan untuk memainkan alat navigasi untuk berpura-pura mengatur jalannya pesawat.

 

jalanwisata.id

Untuk masuk ke wahana Master Park kamu cukup membayar 20rb saja dan sudah bisa menikmati wahanan kolam renang. Jika kamu ingin masuk ke kabin pesawat kamu diharuskan bayar lagi sebesar 15rb. Ada juga wahana nonton 3D dengan biaya 15rb juga.

6.   Wisata Kulineran Nasi Jagung Botok Yuyu

 

menuinternasional.com

Siapa nih yang sudah pernah makan nasi jagung? Mungkin beberapa dari kita ada yang berfikir kalau nasi jagung adalah campuran nasi dengan jagung, tapi sebenarnya bukan itu. Jadi nasi jagung adalah salah satu makanan yang dijadikan sebagai penganti beras pada zaman dahulu. Terbuat dari jagung yang sudah dikeringkan kemudian jagung direndam dalam air semalaman (sekitar 10-12 jam). Setelah direndam, jagung dibersihkan sampai bersih kemudian dihaluskan menjadi tepung jagung. Setelah itu tepung jagung dicampur dengan air (dipuyoni, dalam bahasa Jawa) agar tepung jagung tidak menggumpal atau menyebar, sehingga proses masak menjadi sempurna. Jika sudah, kamu bisa lanjutkan ke proses masak seperti masak nasi pada umumya.

Di Purwodadi sendiri terdapat tempat makan nasi jagung yang sangat recommended, tempatnya sederhana dirumahan saja, namun rasanya yang enak membuat banyak pengunjung yang datang kesini. Bahkan kalangan pejabat juga datang kesini lho! Nama tempatnya adalah Nasi Jagung Bu Harsiti, terletak di Jl. Kartini, Danyang, Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

Menunya yang pasti adalah nasi jagung, sayur lompong (lompong adalah pohon dari umbi-umbian talas), peyek yuyu (kepiting kecil), peyek udang, botok yuyu, dan masih banyak makanan tradisional lainnya. Harganya pun boleh dibilang murah, hanya dengan 10rb saja kamu sudah bisa membuat perutmu kembali kenyang setelah lelah berwisata di Grobogan.

Gimana, asik bukan berwisata alami di Purwodadi? Selain masih asri dan segar, biaya hidup disinipun murah jadi lebih hemat deh! Apakah kamu tertarik untuk kesana? Happy traveling!

Share this Post: