Image-1592471818

12 Tempat Makan Legendaris Kulineran di Jakarta

Pic by : kafebatavia.com

Jakarta! Kota tercinta yang sudah jadi pusat kota sejak zaman Hindia-Belanda. Kota yang dulunya diberi nama Batavia ini menyimpan begitu banyak kuliner legendaris yang rasanya sudah melegenda. Mulai dari soto Betawi, nasi goreng hingga kopi dengan rasa klasik yang bisa Omiyagoes temukan di berbagai sudut kota. Kuliner Jakarta berikut bahkan sudah berdiri selama berpuluh-puluh tahun. Menarik untuk dijelajahi, berikut rangkuman tempat makan legendaris di Jakarta yang bisa jadi referensi Omiyagoes kulineran untuk menyambanginya. Yuk langsung saja simak!

1. Soto Betawi H. Ma’ruf – Sejak 1940

foto dok : tasteatlas.com

Buka sejak zaman penjajahan dan bisa bertahan hingga saat ini, soto betawi H. Ma’ruf bin Said sangat layak masuk dalam daftar tempat makan legendaris di Jakarta, Omiyagoes! Pemiliknya, H. Ma’ruf dan generasi penerus setelahnya hingga kini tetap mempertahankan kualitas rasa dari soto Betawi yang jadi andalannya. Soto betawi yang disajikan memiliki ciri khas kuah asli yang berwarna lebih gelap, dengan isian yang banyak. Cita rasa kuahnya yang sedap membuat siapapun yang mencicipinya akan dibuat terkesan dan ingin datang lagi. Oh ya, sebelum ada di lokasi yang sekarang, dulunya sang pendiri kuliner ini sempat berkeliling menjajakan dagangannya dengan pikulannya sampai akhirnya bisa terkenal dan memiliki nama besar seperti sekarang ini. Makanya, kalau ke Jakarta, mesti sempetin buat menikmati sajian khas Betawi ini, Omiyagoes!

Lokasi : Jl. Pramuka No.64, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Waktu/Jam Buka : Setiap hari, 10.00 hingga 22.00

Harga : Mulai Rp 38.000/porsi

2. Kwetiaw Sapi Mangga besar 78  - Sejak 1978

foto dok : pergikuliner.com

Berdiri sejak 1978, tempat makan yang menyajikan berbagai sajian chinese food ini punya menu andalan kwetiau. Menu kwetiau andalannya yang mesti Omiyagoes coba adalah kwetiau siram. Sajian ini mempunyai cita rasa yang lezat ditambah dengan campuran daging sapi yang membuat kwetiau ini semakin enak. Kwetiau yang lembut dengan bumbu bawang putih dan kaldu sapi yang gurih, ditambah babat sapi, urat sapi dan daging sapi yang kenyal memberikan sensasi rasa yang mengesankan. Pokoknya kwetiaw sapi di sini berasa kaldunya banget Omiyagoes meresap dan dimasak pas bersama daging sapinya. 

Lokasi : Jalan Mangga Besar No 78 D, Taman Sari, Jakarta Barat

Waktu/Jam Buka : Setiap hari ukul 10.00 hingga 00.00 WIB

Harga : mulai Rp 28.000/porsi

3. Bakmi Gang Kelinci, Sawah Besar – Sejak 1957    

foto dok : Kumparan

Bakmi Gang Kelinci juga masuk daftar kuliner Jakarta yang melegenda Omiyagoes! Tempat makan legendaris di Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1957 di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat. Terkenal karena cita rasa bakminya yang bertahan hingga saat ini membuat Bakmi Gang Kelinci tetap digandrungi. Kalau Omiyagoes datang pasti selalu ramai deh! Datang silih berganti dan hampir tidak pernah sepi. Salah satu tempat makan legendaris ini menawarkan beragam menu dengan bahan dasar mi. Omiyagoes pun bisa memilih antara bakmi ayam cah jamur hingga dimsum yang dijamin rasanya maknyus dan enggak mengecewakan lidah.

Lokasi : Jl. Kelinci Raya No.1-3, RT.4/RW.3, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat

Jam Buka : Setiap hari, mulai Pukul 7.00 - 21.00

Harga : Mulai Rp 25.000/porsi

4. Laksa Betawi Asirot, Kebon Jeruk – Sejak 1978

foto dok : qraved

Salah satu kuliner lokal khas Jakarta yang patut dicoba karena popularitasnya adalah laksa betawi Asirot. Kualitas rasa yang terjaga membuat kuliner ini bisa bertahan di jajaran atas kuliner favorit di Jakarta sejak tahun 1978. Kuah laksa mengkombinasikan rasa rempah yang kuat dengan sensasi tak terlupakan bagi penikmatnya. Gabungan antara bumbu khas Indonesia seperti lengkuas, jahe, kunyit, biji pala, jinten, lada, serai, kemiri, daun salam, daun jeruk, ketumbar serta udang rebon memberikan cita rasa yang khas. Apalagi ada tambahan santan yang memberikan sensasi gurih mengesankan. Isian laksa di dalamnya pun melimpah! ada tahu, telur hingga daging semur yang dihidangkan bersama ketupat, tauge, daun kucai, dan bawang goreng menjadikan kuliner khas Jakarta ini legendaris dalam hal rasa.

Lokasi : Jl. Assirot No.1, RT.1/RW.3, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan

Waktu/Jam Buka : Setiap hari Pukul 09.00 – 21.00

Harga : mulai Rp 15.000

5. Ragusa – Sejak 1932

foto dok : pergikuliner.com

Ingin cari dessert yang tak tidak lekang oleh waktu? Omiyagoes bisa ke Ragusa Italian Ice Cream yang sudah ada sejak tahun 1932. Salah satu tempat makan legendaris di Jakarta ini menyajikan hidangan pencuci mulut dengan rasa klasik. Saat datang, Omiyagoes juga bisa merasakan atmosfer tempo dulu mulai dari eksterior dan interior ruangan serta perabotannya. Es krim yang ditawarkan terasa klasik banget Omiyagoes! Ada 4 jenis es krim yang ditawarkan yaitu regular, premium, mixed dan fancy flavored. Kamu bisa memilih yang paling diminati, bayar dan langsung menikmatinya. Salah satu yang paling unik dan wajib Omiyagoes coba adalah Spaghetti Ice Cream. Dijamin bakal suka sama rasanya deh!

Lokasi : Jl. Veteran I No.10, RT.4/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

Jam Buka : Setiap hari, 10.00 hingga 22.00

Harga : mulai Rp 15.000

6. Gado-Gado Bonbin, Cikini – Sejak 1960

foto dok : 

Tempat makan legendaris di Jakarta lainnya yang wajib Omiyagoes kunjungi adalah gado-gado Bonbin. Berlokasi di seputar Cikini, saat datang tempatnya memang terlihat sederhana saja Omiyagoes. Meski begitu, popularitas dan cita rasanya yang konsisten sejak pertama kali ada membuat penggemarnya tetap datang. Cita rasa Gado-Gado Bonbin ini sudag bertahan sejak pertama kali tempat makan ini berdiri pada 1960. Pemiliknya, Hadi Lingga Wijaya adalah orang yang meracik sendiri bumbu kacang, merebus sayuran dan membuat lontong. Makanya kualitas rasa kuliner ini tetap terjaga sampai saat ini. Karena proses pembuatan kacang tanah yang disangrai lalu dimasak, membedakan bumbu kacang gado-gado Bonbin beda dengan yang lain. Bumbunya diguyur ke berbagai macam sayuran, mulai dari kol, tauge, kacang panjang, bayam, kentang, timun, tahu, telur, serta ditambahkan dengan bawang goreng dan emping serta kerupuk udang menjadikan Gado-Gado Bonbin menjadi lebih istimewa.

Lokasi : Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, RT.14/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat,

Jam Buka : Setiap hari, 10.00 hingga 17.00

Harga : Mulai Rp 23.000

7. Mi Ayam Gondang Dia – Sejak 1968

foto dok : klikhotel.com

Mie ayam yang sudah ada sejak 1968 ini punya rasa yang berbeda dengan mie ayam pada umumnya. Meskipun nama tempat makannya Mie Ayam Gondangdia, kalau Omiyagoes datang tidak hanya ada menu mie ayam saja. Di tempat ini ada banyak menu lain yang Omiyagoes bisa cicipi juga, namun mi ayamnya tetap yang paling juara dan direkomendasikan untuk dicoba. Tekstur mi yang tipis dan lembut, disajikan bersama dengan bakso dan pangsit rebus, ditambah topping ayam dan jamur dengan semangkuk kecil kuah kaldu ayam yang siap disiram akan membuat lidah Omiyagoes bergoyang. Tapi boleh juga sesekali kalau datang di lain waktu mencoba juga menu seperti fuyunghai, ayam kuluyuk, bihun goreng dan mi pangsit.

Lokasi : Jl. RP. Soeroso No.36 9 5, RT.9/RW.5, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

Waktu/Jam Buka : Setiap hari, Pukul 09.00 - 22.00

Harga : Mulai Rp 28.000

8. Restoran Trio – Sejak 1947

foto dok : wanderbites.com

Tak jauh dari Mi Ayam Gondang Dia, masih di seputaran Menteng Cikini, ada juga tempat makan atau kuliner legendaris dengan rasa yang istimewa dan melegenda. Didirikan sejak 1947, tempat makan legendaris di Jakarta ini merupakan restoran yang menyajikan chinese food bercita rasa Kanton. Banyak banget menu yang ada di sini, total bahkan ada lebih dari 200 menu makanan yang ditawarkan. Namun ada 42 makanan rekomendasi seperti ayam nan king, sup burung walet dan gohiong. Namun kalau Omiyagoes tertarik menikmati menu yang paling menyita perhatian, silakan pilih sajian aneka mi atau ayam wud kee dan lumpia udang. Dijamin deh Omiyagoes akan mendapatkan pengalaman rasa yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain.

Lokasi : Jalan RP. Soeroso No. 29A RT.2/RW.2, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat

Jam Buka : Setiap hari, Pukul 10.00 - 14.00 dan Pukul 17.00 - 21.30

Harga : Rp. 350.000 untuk berdua

9. Kopi Es Tak Kie – Sejak 1930

foto dok : travelingyuk!

Sesuai dengan namanya, kedai kopi di Kopi Tak Kie ini memiliki cita rasa yang tidak pernah berubah sejak tahun 1930. Lokasi Kopi Es Tak Kie memang agak masuk ke gang Omiyagoes di seputaran Glodok. Datang ke tempat legendaris ini cocok banget untuk Omiyagoes yang memang penikmat kopi dan ingin menyicipi cita rasa kopi di salah satu tempat makan legendaris di Jakarta. Namun, di sini Omiyagoes enggak akan menemukan kopi-kopi kekinian ya. Hanya ada dua jenis kopi yang kamu temui, yaitu kopi hitam dan kopi susu. Meski hanya ada dua varian menu namun rasanya yang masih sama seperti berpuluh tahun lalu membuat kopi di sini istimewa dan tak tergantikan dengan kopi kekinian yang ada.

Lokasi : Gang Gloria, Glodok, Jl. Pintu Besar Selatan III No.4-6, RT.7/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat

Jam operasional : Setiap hari, 6.30 hingga 00.30

Harga : Mulai Rp 3.000/porsi

10. Rumah Makan Sepakat – Sejak 1969

foto dok :whiteboardjournal.com

Kalau mencari tempat makan legendaris di Jakarta yang menyajikan kuliner khas Minang, Rumah Makan Sepakat bisa jadi tempat yang Omiyagoes tuju. Rekomendasi menunya adalah Gulai Gajebo yang menjadi salah satu sajian yang membuat rumah makan ini masuk daftar tempat makan legendaris di Jakarta. Dibuka sejak tahun 1969, tempat makan legendaris di Jakarta ini memang spesial banget karena menu gulainya memiliki isian daging sapi yang diambil pada bagian punuknya. Lemak tebal yang menempel di bagian daging dimasak asam padeh, tanpa santan dan hanya menggunakan air kelapa. Satu porsinya dijamin akan menggugah selera meski disajikan di piring kecil. Jangan kaget jika ada hasrat untuk nambah saat menikmati sajian ini, ya!

Lokasi : Jl. Melawai 9 No.165, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

Jam Buka : Setiap hari Pukul 10.00 - 15.00

Harga: Mulai Rp 23.500/porsi Gulai Gajebo dan nasi

11. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih – Sejak 1958

foto dok : sabigaju

Satu lagi nih, tempat makan legendaris di Jakarta yang harus Omiyagoes datangi! Sudah lebih dari 60 tahun Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih berhasil mempertahankan eksistensi dan kualitas citarasa. Didirikan oleh Almarhum Haji Nein, kuliner legendaris ini mengambil tempat spesial di kalangan pecinta kuliner di Indonesia dengan sajian nasi goreng kambing yang gurih yang khas membuat penikmatnya puas menyantap makanan yang disajikan. Pemilihan bumbu dan rempah seperti kapulaga, kunyit, lada, sereh dan bumbu lainnya menjadi salah satu kunci kenikmatan Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Belum lagi pemilihan beras dan teknik memasak daging kambing yang menjadikannya tidak berbau dan pas untuk disantap. Kalau Omiyagoes ke Jakarta untuk berwisata kuliner, pastikan untuk mampir!

Lokasi : Jl. Kebon Sirih, RT.3/RW.2, Raya, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Waktu/Jam Buka : Setiap hari, Pukul 17.00 - 02.00

Harga : Mulai Rp 30.000/porsi

12. Asinan Betawi H. Mansyur – Sejak 1970-an

foto dok : Food Detik

Asinan Betawi H. Mansyur yang merupakan salah satu kuliner legendaris di Jakarta dikenal juga sebagai Asinan Kamboja Rawamangun. Terlepas dari itu, popularitas Asinan Betawi H. Mansyur sudah terkenal di kalangan orang tua dan muda Omiyagoes. Asinan sayur menjadi sajian yang direkomendasikan dan paling diminati di tempat makan legendaris di Jakarta ini. Asinan dengan isian sayuran seperti tauge, kol, selada, tahu putih, kacang tanah goreng dan timun menghadirkan rasa yang khas saat diguyur kuah kacang yang kental. Belum lagi ada tambahan kerupuk mie kuning dan merah di atasnya. Pilihan lain, Omiyagoes bisa memilih asinan buah dengan rasa pedas, asam, asin dan manis. Potongan buah segar dicampur asam dari cuka dan manis dari gula merah juga akan memberikan kesan rasa tersendiri.

Lokasi : Jl. Taman Kamboja No.10, RT.8/RW.11, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur

Waktu/Jam Buka : Setiap hari, Pukul 10.00 - 21.00

Harga : Mulai Rp 16.000/porsi             

Wah! Ternyata banyak banget ya tempat makan legendaris di Jakarta yang masih bertahan hingga sekarang. Meski sudah lebih dari setengah abad lebih mereka tetap bisa mempertahankan eksistensi. Kalau Omiyagoes sudah pernah mampir ke tempat makan legendaris di Jakarta yang mana nih? Oh ya, selain punya warisan kuliner yang beragam, Jakarta juga punya beragam makanan oleh-oleh yang khas lho seperti kembang goyang dan biji ketapang. Omiyagoes bisa temukan dan beli melalui web OMIYAGO maupun berbagai marketplace seperti Tokopedia dan Shopee. Yuk buruan mampir ke website!

 

 

Share this Post: