Image-1515738959

Kita semua tahu bahwa segala macam makanan yang masuk dalam tubuh kita memiliki peran penting bagi tubuh kita. Mulai dari kesehatan jantung, tulang, otak, hingga mata. Untuk menjaga kesehatan mata, kamu harus rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral dan antioksidan yang tidak hanya menurunkan risiko terkena katarak dan degenerasi makula tetapi juga meningkatkan indera penglihatan. Makanan tersebut harus mengandung antioksidan yang terdiri dari berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, dan E.

Berikut beberapa makanan yang bisa konsumsi untuk membantu menjaga kesehatan mata.

1.     Wortel

 

Sayur yang satu ini memang selalu menjadi makanan yang disebut pertama saat ditanya makanan apa yang baik untuk kesehatan mata? Yups, karena wortel memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi, oleh karena itulah baik bagi mata.

Tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga meningkatkan kesehatan mata, fungsi penglihatan dan kesehatan kulit. Dengan makan satu buah wortel berukuran sedang, kita sudah memberikan tubuh sekitar 5.000 IU vitamin A, yang pada gilirannya akan membantu menjaga mata tetap sehat.

2.    Brokoli, Kubis, Paprika

 

Pinterest: Bored Panda

Makanan ini kaya akan vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh serta indera penglihatan. Antioksidan ini bekerja dengan sangat baik untuk mencegah kerusakan sel-sel di mata. Mengonsumsi sayur-sayuran ini secara teratur juga dapat menurunkan risiko penyakit mata akibat usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

3.    Kale, Bayam

Pinterest: Let it be cozy

Tahukah kamu kalau sayuran berdaun hijau tua sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan? Kenapa begitu, karena didalamnya terkandung zeaxanthin dan lutein yang berguna untuk meningkatkan fungsi penglihatan mata. Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Jadi, pastikan untuk memasukkan sayuran hijau ini dalam menu makanan mu sehari-hari ya~

4.   Makanan Laut

 

Pinterest: creative market

Makanan laut terkenal sebagai sumber asam lemak omega-3 yang baik. Disamping membantu menurunkan kadar kolesterol, omega-3 juga bisa meningkatkan fungsi penglihatan dan mencegah AMD (degenerasi makula akibat usia). Karena Omega-3 juga cukup efektif melawan sindrom mata kering.

Jadi buat kamu yang ingin matanya tetap sehat maka kamu juga harus rajin mengkonsumsi ikan seperti ikan tuna, salmon, dll.

5.    Jagung

 

Pinteres: brittni Mehlhoff / paper  stitch

Jagung merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung zeaxanthin dan lutein yang baik untuk mata. Selain itu, jagung juga mengandung antioksidan lain yang bermanfaat bagi mata.

6.    Telur

 

Pinterest: cooking with cocktail rings

Kenapa telur baik bagi kesehatan mata? Karena telur mengandung protein, vitamin E, lutein, dan omega-3. Nggak susah kan mendapatkan makanan yang sudah merakyat ini? Kamu bisa temukan di super market, mini market maupun warung dekat rumah mu.

7.    Jeruk

 

Pinterest: Shape

Jeruk merupakan salah satu sumber terbaik dari vitamin C dan kita membutuhkan vitamin C untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Berkat vitamin C, jeruk juga bekerja bagus untuk mencegah AMD (degenerasi makula akibat usia).

8.    Blueberry

 

Blueberry mengangung antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan mata dan kesehatan secara keseluruhan. Tidak hanya menurunkan risiko glaukoma dan katarak, blueberry juga melindungi kita dari kanker, penyakit jantung, dan kondisi lainnya. Perlu kamu ketahui juga kalau mengkonsumsi blueberry secara teratur juga dapat meningkatkan memori dan kemampuan belajar.

9.    Kentang

 

Siapa sangka kentang masuk dalam daftar makanan yang baik untuk mata? Ini karena kentang mengandung beta-karoten dan vitamin lainnya. Kamu bisa mengukusnya atau cukup potong menjadi strip tipis, panggang dalam oven dengan menggunakan sedikit minyak zaitun, dan nikmatilah kentang yang sehat.

10.   Kacang-kacangan

 

Pinterest: Brittany Mullins

Kacang polong, kacang merah, juga dapat membantu menjaga kesehatan mata karena mengandung seng dan bioflavonoid. Tugasnya dalah melindungi retina dan mencegah degenerasi makula.

Mau penglihatan kamu tetap jelas? Selalu masukkan makanan diatas dalam menu makan kamu ya~

Sumber: Mediskus.com

Foto: lucastomaszewski.deviantart.com

Share this Post: