Image-1586831179

10 Oleh-oleh Khas Indonesia dari Makanan Hingga Cinderamata

Pic by : whattocooktoday

Dengan luas wilayah sekitar 1.904.569 kilometer persegi, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Memiliki deretan pulau sekitar tujuh belas ribu yang tersebar dari Sabang hingga ke Merauke, tersebutlah Indonesia sebagai negara maritim dengan banyak garis pantai yang memiliki berbagai ragam budaya, suku, etnis dan agama. Berbicara tentang oleh-oleh, tentu di Indonesia ada banyak sekali makanan dan cinderamata yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas. Berikut OMIYAGO rangkum berbagai benda ataupun makanan yang bisa kita jadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang. Yuk langsung simak!

 1. Lumpia


Makanan yang khas dari Semarang ini sangat enak dan lezat Omiyagoes! Kuliner oleh-oleh khas yang bentuknya seperti rolade ini berisikan rebung, telur ataupun daging ayam dan udang. Cita rasa ini merupakan perpaduan antara Indonesia dan Tionghoa, karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang pribumi. Nah, lumpia ini sekarang ada banyak macamnya lho Omiyagoes, bahkan bisa ditemukan dalam bentuk camilan seperti Keripik Lunpia Cik Me Me yang asli dari Semarang atau produk Lumpia Mataram yang ada di OMIYAGO, yang merupakan lumpia dengan resep warisan keluarga sejak tahun 1870-an. 

Ngomongin soal lumpia, ada lumpia basah dan lumpia kering atau goreng Omiyagoes! Kalau untuk dibawa sebagai oleh-oleh, biasanya penjualnya membungkus lumpia lengkap dengan sausnya dalam wadah bungkus tradisional. Sesampainya di rumah, lumpia baru digoreng agar teksturnya lebih garing dan terasa enak, terlebih dinikmati selagi hangat. Beda lagi dengan lumpia basah yang memang untuk menikmatinya tak lagi harus digoreng, namun tentu tidak ada tekstur garing. Omiyagoes suka yang mana? Oleh-oleh lumpia basah atau lumpia goreng?

2. Batik


Batik atau kain batik merupakan suatu kain bercorak yang telah digambar dengan teknik tertentu yang berasal dari Pulau Jawa. Kain batik dibuat dengan alat gambar yang disebut Tjanting dengan membuat titik-titik dari malam (lilin) hingga membentuk gambar dengan alat tersebut. Batik sendiri telah ditetapkan UNESCO sebaga Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 silam. Batik kini sangat populer dikalangan anak muda hingga dewasa, karena batik tersedia dengan motif tradisional dan modern. Kain batik sangat merepresentasikan Indonesia, sehingga tidak salah apabila kain batik sebagai salah satu pilihan oleh-oleh atau cinderamata khas Indonesia. Apalagi sekarang batik, akhirnya tak hanya diaplikasikan sebagai oleh-oleh cinderamata dalam bentuk kain saja. Bahkan nih, Omiyagoes bisa menemukan kue bolu dalam bentuk batik seperti Bolu Gulung Batik yang ada di OMIYAGO ini. 

Batik sebagai salah satu oleh-oleh yang khas, juga bisa Omiyagoes temui dalam bentuk cinderamata. Ada yang dibuat sebagai gantungan kunci, menjadi motif pada kaos, bahkan ada lho pengrajin di Yogyakarta yang membuat motif batik ini di atas porselen piring dan alat-alat rumah tangga. Makanya, batik bisa menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh atau buah tangan untuk dibawa pulang. Apalagi kalau Omiyagoes memberikannya untuk teman expatriat yang ada di luar negeri. Batik menjadi oleh-oleh khas Indonesia yang unik.

3. Kopi Luwak


Kopi atau dalam bahasa Inggris disebut coffee adalah minuman yang dihasilkan dari proses penyeduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Secara umum ada dua varietas tanaman kopi yang dikenal, yaitu Kopi Robusta dan Kopi Arabika. Kopi merupakan salah satu komoditas yang sangat populer di dunia dan telah dibudidayakan di lebih dari 50 negara, salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis kopi yang populer dan biasanya dinamai dengan nama daerah asalnya, di antaranya adalah Kopi Toraja dan Kopi Gayo. Tapi selain itu juga ada jenis kopi yang sangat populer di Indonesia nih Omiyagoes, yaitu Kopi Luwak, yang mana merupakan biji kopi yang diambil dari kotoran luwak yang sebelumnya sudah melalui proses fermentasi di dalam saluran pencernaan hewan pengerat tersebut. Kopi Luwak awalnya ditemukan secara tidak sengaja oleh para pribumi yang ingin mencicipi kopi pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Ketika itu, tidak semua orang bisa mengonsumsi kopi karena kopi merupakan komoditas yang mahal.

Jadi orang-orang pribumi tersebut mengumpulkan kotoran luwak, mencucinya dan memprosesnya menjadi minuman, tapi siapa yang menyangka kalau rasanya ternyata sungguh nikmat dan unik. Dengan semua fakta tersebut, maka tepat rasanya jika kita memilih Kopi sebagai oleh-oleh khas Indonesia, ya kan Omiyagoes? Nah, Omiyagoes bisa nih membeli kopi luwak dari berbagai daerah di Indonesia lewat OMIYAGO, salah satunya Kopi luwak Indische Coffee yang merupakan produk kopi asal Bali yang menggunakan biji kopi Kintamani. Selain itu ada juga Kopi Luwak OMIYAGO yang berasal dari 100% biji kopi arabika yang ditanam di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara.

4. Miniatur


Miniatur merupakan tiruan suatu obyek seperti bangunan, tempat, mobil, makanan atau obyek lain yang bisa dilihat dari segala arah. Di Indonesia ada banyak sekali obyek yang bisa dijadikan sebuah miniatur, misalnya Monas atau Monumen Nasional, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Kereta Api, Bus Transjakarta dan lain-lain. Harga dari sebuah miniatur biasanya dinilai dari tingkat kesulitan dalam proses pembuatannya. Semakin sulit proses pembuatannya maka semakin mahal harga sebuah miniatur. Miniatur-miniatur tersebut umumnya bisa dibeli mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Omiyagoes bisa nih membeli sebuah miniatur di toko souvenir atau datang langsung ke tempat pembuatannya.

Miniatur sangat menarik untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Indonesia karena bentuknya yang unik. Minat seseorang terhadap miniatur tentunya bisa berbeda-beda, tergantung hobi atau minatnya terhadap suatu hal. Miniatur cinderamata biasanya bisa Omiyagoes temukan di toko oleh-oleh. Di Jakarta sendiri ada lho toko oleh-oleh khusus cinderamata yang bisa Omiyagoes kunjungi. Seperti Lima Toko Oleh-Oleh di Jakarta Rekomendasi OMIYAGO yang lokasinya ada di mall maupun dekat dengan tempat wisata yang ada di Jakarta.

5. Kain Tenun

foto dok : goodnewsfromindonesia


Kain Tenun merupakan kain yang dihasilkan dari suatu kegiatan membuat kain secara manual, biasa disebut menenun atau tenun. Kain tenun sangat spesial karena jumlahnya yang langka. Tidak semua daerah di Indonesia merupakan penghasil kain tenun. Salah satu daerah penghasil tenun yang terkenal adalah Nusa Tenggara Timur (NTT). Kain Tenun sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Indonesia yang bisa diberikan kepada orang-orang terdekat Omiyagoes. Apalagi nih, kain tenun juga beragam banget macamnya dari tiap daerah yang ada di Nusantara! Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan motif kain tenun yang unik. Makanya pas banget kalau jalan-jalan ke suatu daerah seperti Ende di NTT, Omiyagoes bisa membeli salah satu kerajinan tangan dari penduduk lokal setempat.

Ada begitu banyak ragam kain tenun lainnya yang unik. Seperti tenun pandai sikek dari Minangkabau yang diambil dari nama desa di kaki gunung Singgalang. Lalu tenun songket dari Palembang yang sudah ada sejak zaman kerajaan Sriwijaya. Termasuk tenun juga, ada tenun berupa ulos dari wilayah Sumatera Utara, dibuat oleh suku Batak. Di wilayah pulau Jawa, Omiyagoes jangan lupakan tenun torso yang khas Jepara dan tenun grising unik dari Bali karena menggunakan teknik dobel ikat untuk membuatnya.   

6. Bakpia


Bakpia merupakan makanan oleh-oleh khas Indonesia yang dibuat dari bahan kacang hijau dan gula putih, yang dilapisi dengan tepung, lalu dipanggang. Bakpia sendiri memiliki istilah yang berasal dari dialog Hokkian, yaitu dari kata "bak" berarti daging dan "pia" yang berarti kue,  secara arti bapkia adalah berarti roti yang berisikan daging. Di beberapa daerah seperti Yogyakarta, Cirebon, Bandung dan Bali, makanan ringan yang berasa legit ini dikenal dengan sebutan bakpia atau kue pia. Bakpia termasuk salah satu makanan yang paling populer dari kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu bakpia yang menjadi favorit masyarakat Indonesia berasal dari wilayah Pathuk atau Pathok, Yogyakarta sehingga dikenal oleh masyarakat dengan nama Bakpia Pathuk.

Mengingat masyarakat Yogyakarta mayoritas beragama Islam, pada perkembangannya, isi campuran bakpia yang tadinya daging babi, sekarang di custom menjadi isi kacang hijau, kacang hitam, keju, dll. bakpia sendiri termasuk oleh-oleh khas indonesia, yang bisa di beli secara online di website www.omiyago.com, dengan banyak pilihan rasa dan dari berbagai macam wilayah di Indonesia. Salah satunya bakpia Kencana asli Jogja yang punya beragam pilihan rasa dan bisa Omiyagoes pesan lewat OMIYAGO tanpa harus jauh-jauh pergi ke Jogja!

7. Jahe Merah


Jahe merah menjadi salah satu tanaman herbal terbaik yang ada di Indonesia dan memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Jahe merah ditanam pada iklim tropis ini dapat tumbuh dengan subur dan banyak ditanam di daerah pedesaan maupun perkotaan. Tanaman ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia dengan manfaat nya yang begitu berkhasiat untuk pengobatan. Jahe merah sekarang menjadi tanaman yang sangat diburu oleh masyarakat seiring terjadinya wabah corona. Banyak UMKM di Indonesia menjadikan jahe merah ini sebagai campuran dari bahan makanan oleh-oleh khas indonesia, sebut saja permen jahe, kopi jahe, sirup jahe dan lainnya.

Jahe merah dapat diperoleh di toko oleh-oleh yaitu di omiyago.com. Disamping banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh, jahe merah ini juga bisa meredakan penyakit flu, radang tenggorokan, menyembuhkan masuk angin, dan mampu membuat badan terasa hangat. Jahe merah juga bisa diseduh langsung dengan campuran gula merah atau madu. Nah, kalau ingin menyeduh minuman jahe merah sekarang makin gampang lho! Karena sudah banyak produk jahe instan yang beredar di pasaran, namun yang spesial ada Jahe Merah Instant Omiyago yang praktis dan gampang banget buat dibawa kemana-mana. 

8. Kopi Aceh


Kopi Aceh menjadi minuman kebanggaan dari masyarakat Aceh, kopi jenis arabika ini sangat di gemari oleh masyarakat Aceh maupun penggemar kopi di seluruh Nusantara. Kopi Aceh pun sudah terkenal hingga luar negeri dan menjadi komoditas export, bahkan penjualannya sudah masuk di pasar Eropa. Kopi Aceh yang ditanam di dataran tinggi wilayah Tanah Rencong, begitu digemari masyarakat Indonesia dan termasuk oleh-oleh khas Indonesia, sekarang pun bisa ditemui ada di toko online maupun offline. Kopi Aceh ini dengan aroma yang sangat khas dan kenikmatan nya, banyak diburu oleh para penggemar penikmat kopi. Makanya enggak heran dong kalau Kopi Aceh, salah satunya Aceh Gayo menjadi oleh-oleh yang direkomendasikan?

Oh ya Omiyagoes bisa membeli Kopi Aceh Gayo di OMIYAGO lho! Kopi ini merupakan kopi yang ditanam dan diproses secara organik, dengan karakteristik kekentalan dan aroma kopi yang kuat, kemudian rasa yang tidak terlalu pahit dan tidak sepat. Tingkat keasaman yang cukup rendah menjadikan kopi gayo aman dikonsumsi bagi para pemula pecinta kopi. Dengan after taste rasa rempah (spice) membuat citarasa kopi gayo semakin Unik. Kopi Aceh Gayo Omiyago ini juga spesial karena merupakan produk pilihan Tuti Mochtar, seorang ahli kopi dan juga salah satu petinggi asosiasi speacialty kopi Indonesia.

9. Pempek

foto dok : bloghemat


Kuliner yang satu ini berasal dari Palembang dan memang sangat di gemari oleh para penikmat kuliner Tanah Air, termasuk salah satu oleh-oleh khas Indonesia yang populer di masyarakat maupun mancanegara. Pempek terbuat dari daging ikan yang sudah digiling, tepung kanji, dan bumbu lainnya seperti bawang putih, garam, penyedap rasa. Sejarah pempek di kota Palembang telah ada sejak para perantau dari Cina datang ke Palembang pada abad ke-16, nama makanan empek-empek berasal dari nama apek, sebutan untuk orang tua Tionghoa. Cerita rakyat ini bermula pada tahun 1617 dari seorang lelaki tua berumur 65 tahun yang tinggal di dekat sungai Musi yang senang sekali melihat ikan-ikan yang banyak di sungai. Ikan-ikan yang ditangkap di sungai Musi oleh masyarakat hanya dimasak pindang atau di goreng. Lalu lelaki tua Tionghoa ini mencoba membuat alternatif masakan atau pengolahan bahan baku ikan dengan memadukan daging yang digiling lalu dicampur tepung tapioka, sehingga menjadi makanan baru dikalangan masyarakat Palembang kala itu. Pempek dijual oleh lelaki tua asal tionghoa ini dengan keliling kota Palembang, dan warga memanggilnya dengan sebutan apek, pek apek, lama kelamaan terkenal menjadi empek empek.

Pempek termasuk makanan favorit Omiyagoes? Sekarang mudah banget kok buat mendapatkan oleh-oleh ini, termasuk membelinya online melalui website OMIYAGO. Salah satunya Pempek Candy yang merupakan merek oleh-oleh Pempek terkenal yang asli dari Palembang. Pempek Candy ini bisa Omiyagoes dapatkan dalam berbagai paket pilihan isi pempek sesuai selera. Mulai dari kapal selam, lenjer besar, lenjer kecil dan kulit. Jadi kalau ngidam makan Pempek atau ingin membawakannya sebagai oleh-oleh, tinggal klik pesan aja Omiyagoes!

10. Wayang Kulit

foto dok : indozone


Wayang yang sudah di akui oleh UNESCO pada 7 November 2003 silam merupakan kesenian tradisional Indonesia yang berkembang di daerah Jawa,.asal kata wayang adalah ma hyang yang berarti spiritual, Tuhan yang Maha Esa atau Dewa. Diartikan juga istilah bahasa Jawa yang bermakna bayangan, jadi penontonnya juga hanya menonton bayangan dari wayang tersebut. Dalang menjadi peran penting di sini, sebagai seorang yang mengendalikan atau memainkan wayang, sekaligus menjadi narator dialog tokoh wayang yang sedang dimainkan tersebut. Wayang kulit sangat di sukai oleh masyarakat Jawa. Sekarang wayang dibuat menjadi souvenir oleh oleh khas Indonesia ini, sangat diburu oleh para kolektor pecinta seni dari Indonesia maupun luar negeri, bahkan mancanegara. 

Wayang kulit ini selain terasa kental sebagai salah satu budaya Indonesia, juga unik saat dijadikan souvenir oleh-oleh yang bisa dipajang di rumah. Bentuk dan karakter wayang yang sangat berseni ini, juga menyiratkan bagaimana cara bercerita pada masa dikenalkan dan populer di masyarakat kita. Makanya wayang kulit pas banget jadi salah satu rekomendasi oleh-oleh dalam bentuk cinderamata. Bentuknya mulai dari ukuran mini hingga ukuran besar, memiliki bermacam variasi yang sesuai dengan tokoh karakter wayang terkenal.  

Share this Post: