Image-1582270364

10 Nasi Khas Nusantara, Nikmat Berbumbu Rempah

Pic by whattocooktoday

Belum makan kalau tanpa nasi, ungkapan ini begitu akrab di keseharian masyarakat Indonesia. Nasi sejak dahulu memang menjadi makanan utama yang ada di meja makan dan jadi menu sehari-hari. Makanya enggak heran kalau akhirnya berbagai menu nasi dari berbagai daerah di Indonesia ada banyak banget nih Omiyagoes! Mulai dari Nasi Uduk yang akrab kita temui sampai Nasi Grombyang yang mungkin belum pernah Omiyagoes cobain nih. Penasaran kan ingin tahu apa saja? Yuk langsung aja simak!

1. Nasi Uduk – Khas Betawi

foto dok : sajian sedap

Mulai dari nasi uduk dulu nih yang sampai saat ini masih favorit dijadikan sebagai menu sarapan. Makanan khas dari Betawi ini terasa nikmat berkat paduan santan kelapa, lengkuas dan daun salam yang dimasak bersama beras hingga tanak dan ketika matang aromanya akan keluar. Nasi uduk sendiri dengan kata “uduk” di dalamnya memiliki arti bercampur, makanya nasi uduk ditambahkan dengan pelengkap aneka lauk seperti telur, tempe orek, sayur bihun, terkadang dengan ayam dan enggak lupa ada sambal dan kerupuknya juga Omiyagoes. Sebenarnya nasi uduk ini akhirnya diadaptasi dengan berbagai variasi lauk yang beragam juga, bahkan untuk sambalnya yang asli Betawi menggunakan sambal kacang bukan sambal dengan cabai merah.

2. Nasi Ulam – Khas Betawi

foto dok : pesona travel

Selain nasi uduk, Betawi juga punya nasi khas lain yaitu nasi ulam yang saat ini terbilang jarang. Nasi ulam memiliki kekhasan sebagai nasi putih hangat yang disajikan bersama serundeng, kuah semur, dan tambahan daun kemangi atau daun pegagan Omiyagoes! Di sinilah letak aroma menggoda itu keluar, daun kemangi yang harumnya menyeruak dan serundeng dengan aroma kelapanya. Lauk yang menemani sajian nasi ulam biasanya dengan telur, perkedel, tahu, tempe dan kerupuknya menggunakan keripik emping atau kerupuk bawang.

3. Nasi Tutug Oncom – Khas Tasikmalaya

foto dok : warung dulukala

Perpaduan nasi dan oncom yang ditumbuk atau ditutug menjadi satu merupakan asal mula munculnya nasi tutug oncom yang khas Tasikmalaya, Jawa Barat. Nasi ini enak disajikan selagi hangat dan membuatnya pun harus dadakan. Oncom biasanya digoreng terlebih dahulu dan dilumat lalu dicampur daun kemangi dengan berbagai bumbu agar terasa gurihnya sebelum ditutug bersama nasi. Perpaduan tekstur oncom dengan butiran nasi ini menjadikannya unik, apalagi saat ditambahkan berbagai lauk seperti pepes maupun telur dan ayam goreng.

4. Nasi Liwet – Solo

foto dok : Omiyago

Enggak kalah enak dengan nasi uduk yang gurih, di Solo ada nasi liwet yang sudah terkenal seantero negeri bahan ada tradisi yang disebut sebagai liwetan. Nasi liwet sendiri memakai lebih banyak rempah saat menanak nasinya dibandingkan dengan nasi uduk atau nasi khas Nusantara lainnya. Ada perpaduan rempah bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, dan lengkuas yang membuat aromanya cukup kuat dan menggugah selera makan. Nah, spesialnya dari nasi liwet biasanya dihidangkan dengan lalapan termasuk petai, selain dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tempe, tahu, ikan jambal roti, bahkan ikan asin.

5. Nasi Grombyang – Pemalang Jawa Tengah

foto dok : kompas.com

Nasi grombyang memiliki nama unik berkat bentuk dan penyajiannya di mana nasi yang dituang dengan kuah terlihat bergoyang-goyang atau disebut “grombyang” dalam bahasa Jawa. Racikan nasi grombyang yang asal Pemalang, Jawa Tengah adalah nasi, irisan daging kerbau bersama kuah yang disajikan dalam mangkuk kecil dan dilengkapi dengan sate kerbau. Kekhasan nasi grombyang juga terletak pada tempat jualannya yang berupa kuali besar. Menurut cerita lama, nasi grombyang sudah ada sejak tahun 1960-an dan dahulu penjualnya berkeliling, tidak menetap di satu tempat.

6. Nasi Bogana – Cirebon

foto dok : Tokopedia

Menurut cerita lama, nasi bogana ini dahulu adalah hidangan untuk Kesultanan Cirebon yang saat itu wilayahnya meliputi sekitar Tegal, Indramayu dan Cirebon. Nah asal kata bogana sendiri diambil dari bahasa Sunda “saboga bogana” yang artinya seada-adanya karena memang dihidangkan seadanya dengan bahan dan bumbu sederhana. Nasi bogana merupakan nasi putih yang dibungkus daun pisang bersama lauk pauk seperti opor ayam, telur pindang, ayam bumbu suwir, serundeng sapi, tahu atau tempe bacem, dan sambal goreng.

7. Nasi Jamblang – Cirebon

foto dok : kurio

Selain nasi bogana, Cirebon juga terkenal dengan nasi jamblang yang disajikan dengan alas daun jati atau daun jamblang. Nah, daun jamblang bukan sekedar alas atau bungkus saja tapi ikut menambah sedap dan menjadi kekhasannya. Nasi jamblang biasanya disajikan dengan lauk prasmanan yang bisa Omiyagoes pilih sendiri, seperti tempe, tahu, daging paru goreng, daging lidah sapi hingga sate usus.  Saking terkenalnya nasi jamblang, kalau Omiyagoes ke Cirebon bakal ada beberapa tempat yang terkenal menjual nasi jamblang ini. Misalnya yang terkenal adalah Nasi Jamblang Ibu Nur, Nasi Jamblang Pelabuhan, dan Nasi Jamblang Mang Dul.

8. Nasi Megono – Pekalongan

foto dok : Pinterest

Kalau Omiyagoes ke Pekalongan jangan cuma beli oleh-oleh batiknya saja, tapi sekalian kulineran ke kota ini dengan mencoba nasi megono. Nasi megono merupakan nasi yang dituang megono atau disebut urap nangka dengan rasa gurih nan wangi berkat perpaduan bumbu rempah istimewa. Begitu mudah menemukan nasi megono di Pekalongan, karena memang nasi ini menjadi makanan sehari-hari yang bisa dinikmati saat sarapan dan makan siang. Lauk untuk nasi megono biasanya adalah telur balado, koyor yang dimasak dengan santan pedas, sotong masak hitam, dan jangan lupa tempe mendoan. Wah, jadi ngiler deh kepingin coba!

9. Nasi Gandul – Pati Jawa Tengah

foto dok : pinterest

Sekilas hidangan nasi ini mirip dengan nasi yang ditambahkan dengan semur daging dan gulai. Namun nasi gandul yang berkuah merah kecokelatan ini memiliki cita rasa yang lebih kuat dan khas. Kata gandul didapat dari bahasa Jawa yang memiliki arti menggantung, istilah itu digunakan karena pikulan yang digunakan untuk berjualan terlihat menggantung. Ciri khas lainnya dari nasi gandul terletak pada lauk tempe dengan tekstur yang lebih keras kedelainya. Selain itu nasi gandul ini juga menggunakan daun pisang sebagai alas. 

10. Nasi Campur Bali – Bali

foto dok : detik food

Omiyagoes yang sering liburan ke Bali pasti sudah pernah coba dong nasi campur Bali? Hidangan ini merupakan nasi putih yang memadukan berbagai lauk seperti urap, tempe maupun telur. Nah, khasnya dari nasi campur Bali adalah adanya lauk lain seperti ayam bumbu Bali dan sate lilit, termasuk sambal khasnya Bali, yaitu sambal matah. Ada beberapa tempat terkenal di Bali yang menjual nasi campur di antaranya Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku yang ada di Ubud dan Warung Nasi Ayam Bu Oki yang cabangnya ada di Nusa Dua, Jimbaran dan Tuban.

Wah, unik dan beragam banget ya nasi khas yang ada di Nusantara. Kalau Omiyagoes sudah pernah coba yang mana aja nih? Kalau pas lagi kangen dengan beberapa nasi tadi bisa lho Omiyagoes buat sendiri dengan mudah. Salah satunya nasi liwet yang saat ini sudah tersedia dalam bentuk instant sudah lengkap dengan bumbu dan berasnya seperti yang OMIYAGO jual. Penasaran? Langsung cek aja di web!

 

Share this Post: