Image-1588914395

10 Makanan Khas Indonesia Populer dari Aceh Hingga Papua

Pic by : Omiyago

Indonesia memiliki khazanah kuliner yang kaya berkat rempah-rempah asli yang tumbuh di bumi pertiwi. Ragam makanan dari berbagai daerahnya pun punya karakter dengan cita rasa dan aroma uniknya. Seperti masakan khas dari Aceh, Padang, Palembang, Yogyakarta, Bali, Lombok hingga Manado dan Papua yang kaya bumbu rempah tradisional berikut pasti akan membuat Omiyagoes makin mencintai kuliner dari negeri sendiri. Yuk langsung saja simak rangkuman makanan khas Indonesia dari berbagai daerah yang populer berikut!

1. Mi Aceh

foto dok : brilio

Dari ujung Barat Indonesia, kita ke daerah Aceh dulu yang terkenal dengan kuliner Mi Aceh. Memang sih di berbagai daerah di Indonesia lainnya terkenal juga kuliner mi seperti Mi Bangka maupun Mi Jogja, namun Mi Aceh ini terasa berbeda Omiyagoes. Mi kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut ini diracik dengan rempah sejenis kari yang gurih dan pedas, berikut ditambah seledri, daun bawang dan bawang merah. Mi Aceh sendiri bisa Omiyagoes nikmati dalam tiga jenis, Mi Aceh goreng, Mie Aceh tumis dan Mie Aceh kuah. Mana nih favoritnya Omiyagoes? Tentunya enggak harus datang jauh-jauh ke Aceh untuk menikmati sepiring Mi Aceh, Omiyagoes masih bisa menemukan restoran khusus Mi Aceh lho di Jakarta.

2. Rendang Padang

Siapa sih yang enggak kenal dengan makanan khas Indonesia yang mendunia ini? Omiyagoes juga pastinya sering memasukan menu Rendang sebagai menu favorit. Rendang ini juga termasuk salah satu masakan khas daerah yang mudah dibuat lho. Apalagi sekarang sudah banyak yang menjual bumbu langsung maupun produk Rendang yang siap saji. Rendang saat ini juga punya banyak banget variasi, Omiyagoes bisa lho menemukan berbagai sajian rendang praktis di OMIYAGO. Mulai dari Rendang daging sapi, Rendang ayam, Rendang paruh, Rendang limpa, Rendang telur, bahkan ada Rendang lele dan Rendang jengkol.

baca juga : 5 Oleh-Oleh Khas Padang Selain Rendang

3. Pempek Palembang

Sebenarnya nama asli Pempek adalah kelesan yang merupakan makanan khas di Rumah Limas, rumah adat Palembang. Asal kata Pempek sendiri diambil dari kata Empek yang merupakan sebutan bagi orang China yang menjual pempek. Etnis Tiongkok di Palembang lah yang mempopulerkan Pempek. Nah, kalau ke Palembang bakal menemukan ada begitu banyak tempat yang menjual Pempek. Tentunya dengan tekstur, rasa, dan kuah yang tingkat kekentalannya agak berbeda. Salah satu yang bisa Omiyagoes datangi adalah Pempek Candy yang cukup populer di Kota Palembang. Kalau Omiyagoes coba, kuah cuko atau cuka Pempek di sini agak lebih encer dan sudah terasa pedas walau belum ditambahkan dengan sambal. Pempek Candy bisa lho dibeli lewat OMIYAGO, yang dikirim langsung dari Palembang.

baca juga : 5 Makanan Khas Kota Palembang yang Wajib Dicoba

4. Kerak Telor Jakarta

foto dok : Tribun Travel

Makanan khas Indonesia yang berbahan dasar telur dan beras ketan ini begitu digemari karena rasa dan teksturnya yang khas. Proses pembuatannya pun tergolong unik dan kerap menjadi daya tarik sendiri bagi penikmatnya. Sayangnya kuliner ini hampir sulit ditemukan lagi, namun Omiyagoes bisa menemukan pedagang Kerak Telor di daerah wisata pusat kota seperti di daerah Kota Tua Jakarta, Monas, dan Setu Babakan di Jagakarsa. Selain itu kalau lagi kangen mencicipi Kerak Telor, Omiyagoes bisa menemukannya di acara festival seperti Pekan Raya Jakarta atau festival jajanan Nusantara yang sering diadakan di pusat perbelanjaan. Yuk langsung aja sekalian jalan-jalan menikmati beberapa pusat kebudayaan di Jakarta sambil makan Kerak Telor!

5. Gudeg Yogyakarta

foto dok : Omiyago

Cita rasanya manis dan terasa legit di lidah, itulah Gudeg makanan khas Indonesia dari Yogyakarta. Saking terkenalnya Gudeg, bahkan Yogyakarta disebut kota Gudeg dan kalau Omiyagoes pergi traveling ke Jogja sudah pasti pendaratan pertama untuk wisata kulinernya adalah mencoba Gudeg. Tapi sebenarnya kalau lagi kangen makan gudeg Omiyagoes sekarang bisa lho membeli Gudeg kaleng yang merupakan inovasi dari berbagai brand restoran maupun toko oleh-oleh terkenal di Jogja. Tapi enggak harus jauh-jauh ke Jogja untuk menikmati enaknya Gudeg. Omiyagoes bisa langsung pesan melalui website OMIYAGO untuk menemukan berbagai brand Gudeg yang terkenal. Oh ya selain itu Gudeg juga sudah bisa dinikmati dalam berbagai varian nih! Ada gudeg yang lengkap dengan krecek, sampai Gudeg yang dibuat dengan cita rasa pedas.

baca juga : 6 Rekomendasi Kuliner Hits di Yogyakarta

6. Empal Gentong Cirebon

foto dok : cookpad

Omiyagoes tentu tahu daging empal dong? Di kota Cirebon juga terdapat kuliner empal yang bernama Empal Gentong. Salah satu kuliner khas Indonesia ini disajikan dalam bentuk semangkok empal gentong yang diisi dengan potongan daging, jeroan sapi, dan lontong yang kemudian disiram dengan kuah kaldu santan yang gurih. Rasanya jangan ditanya lagi, nikmat kuah kaldunya bercampur dengan berbagai macam daging empal dan jeroan di dalamnya bisa bikin kangen dan ingin balik lagi kulineran ke kota Cirebon. Tapi enggak perlu jauh-jauh kok kalau rindu makan Empal Gentong. Omiyagoes bisa buat sendiri di rumah dengan mudah, karena sekarang ada lho yang menjual bumbu praktis Empal Gentong. Cek aja langsung di website OMIYAGO.

7. Ayam Taliwang Lombok

foto dok : Omiyago

Kuliner khas Indonesia yang satu ini pasti sudah pernah Omiyagoes cobain dong saat liburan ke Lombok? Yup! Ayam Taliwang yang diramu dengan bumbu-bumbu khas, kemudian dibakar agar memberikan cita rasa yang kuat. Disitulah letak keunikan Ayam Taliwang yang khas Lombok di mana proses pembuatannya ayam diungkep terlebih dahulu menggunakan api kecil selama beberapa saat agar bumbu lebih meresap dan menjadi lebih empuk. Makanan ini biasanya disajikan bersama dengan makanan khas Lombok yang lain, seperti plecing kangkung. Omiyagoes bisa lho makan Ayam Taliwang kapan pun mau, karena kini sudah tersedia Ayam Taliwang yang dikemas praktis tinggal goreng dan sudah lengkap dengan bumbu. Langsung aja di website OMIYAGO dan cobain Ayam Taliwang Ungkep Enci.

8. Coto Makassar

foto dok : Cookpad

Makanan tradisional khas Makassar, Sulawesi Selatan ini sebenarnya mirip dengan soto yang sering Omiyagoes temui pada kuliner di daerah Indonesia lainnya. Namun memang tentu saja racikan bumbu rempah di dalamnya berbeda. Coto Makassar terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Omiyagoes ingin merasakan cita rasa asli Coto Makassar ini tapi belum bisa terbang ke Makassar? Tenang aja, karena sekarang ada bumbu praktis yang diracik khusus untuk memasak Coto Makassar. Omiyagoes bisa temukan di website OMIYAGO dan langsung buat sendiri di rumah.

9. Bubur Manado

foto dok : Indoblognet

Masyarakat umumnya memang mengenal salah satu kuliner khas Indonesia asal Manado, Sulawesi Utara ini sebagai Bubur Manado. Namun sebenarnya nama asli Bubur Manado adalah Tinutuan, meski ada juga yang mengatakan Tinutuan merupakan makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Bubur Manado biasanya disajikan saat sarapan pagi yang dihidangkan dengan berbagai pelengkap hidangannya. Walaupun demikian, Tinutuan atau Bubur Manado ini umumnya tetap dapat ditemukan di berbagai rumah makan di luar waktu sarapan sebagai makanan sehari-hari. Saking terkenalnya Bubur Manado, sekarang banyak juga restoran khusus yang menjual Bubur Manado di Jakarta lho Omiyagoes. Jadi langsung aja berburu kuliner Bubur Manado, tanpa harus jauh-jauh terbang ke Sulawesi!

10. Papeda Papua

foto dok : detik food

Di Indonesia bagian Timur seperti Papua masyarakatnya memang masih mengenal nasi, namun sehari-hari mereka mengkonsumsi Papeda yang merupakan makanan khasnya. Makanan berupa bubur sagu khas Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara ini juga dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda sebagai makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi ini juga dikonsumsi oleh masyarakat Maluku lho Omiyagoes. Baik di Maluku maupun Papua masyarakatnya mengkonsumsi Papeda seperti halnya nasi dinikmati bersama lauk ikan maupun ayam berkuah dan sayur.

Wah makin cinta ya sama negeri sendiri dan bangga bahwa Indonesia memiliki kuliner yang kaya dan beragam. Dari Barat ke Timur Indonesia Omiyagoes juga menemukan rempah yang berbeda pada masakannya. Jadi ingin berkeliling Indonesia buat mencicipi sajian kuliner aslinya langsung sekalian jalan-jalan dan explore keindahan alamnya juga nih. Tapi biar enggak nunggu kelamaan, Omiyagoes bisa cek website OMIYAGO dulu buat merasakan berbagai makanan khas Indonesia dengan menjelajahi kulinernya lewat OMIYAGO.

Share this Post: