surabaya untuk blog.jpg

Lima Rekomendasi Oleh-Oleh Ikonik dari Kota Pahlawan

caption foto : flicker

 

Kota Surabaya, salah satu destinasi wisata kuliner yang wajib Omiyagoes kunjungi. Tempat yang dijuluki sebagai “Kota Pahlawan” ini memiliki sejarah kuliner Nusantara dengan aneka ragam alkulturasi kuliner Belanda-Indonesia dan juga produksi minuman lokal Surabaya yang masih bisa ditemukan hingga sekarang. Bahkan beberapa kuliner tersebut menjadi oleh-oleh ikonik dari kota Surabaya.

lead image tripadvisor.jpg

Inovasi Makanan Khas Nusantara yang Jadi Mudah Disajikan

Caption Foto by tripadvisor Restaurant Prana Tegalalang Bali

 

Ketika ditanya tentang makanan kesukaan, sebagian besar kamu menyebutkan berbagai nama makanan tradisional Indonesia. Sebutlah beberapa diantaranya, Gudeg khas Jogja, Rendang dari Padang, lalu ada Ayam Woku khas Manado yang pedasnya bisa buat ketagihan. Alasannya apalagi kalau bukan karena masakan Nusantara ini begitu kaya rempah.

Nusantara-Rijsttafel-1-e1481102052270.jpg

Tradisi Makan di Indonesia yang Jadi Pemersatu Bangsa

Caption Foto By Pintrest

 

Kuliner Indonesia yang kaya dari Sabang sampai Merauke tidak akan ada habisnya bila dijadikan cerita. Dari sejarah, asal usulnya, sampai bagaimana rentetan cerita sebuah kebudayaan makan bisa terus ada. Salah satunya tradisi makan bersama dalam masyarakat kita yang bisa jadi ide untuk merayakan moment kebersamaan di Hari “Sumpah Pemuda”.

fb_food (1).jpg

Ragam Olahan Buah Salak Khas Balikpapan

Caption Foto By Pintrest

 

Rasanya agak asam dan sepat, juga bercampur manis. Yup, salak! Salah satu buah yang menjadi varian beda dari buah Indonesia. Rasa buah salak yang agak unik ini memberi banyak ide untuk dijadikan berbagai olahan kuliner. Saking enaknya, bahkan kota Balikpapan menjadikan buah salak ini salah satu oleh-oleh khasnya.

WhatsApp Image 2018-10-12 at 10.16.55 PM.jpeg

Lima Makanan Khas Kota Palembang yang Wajib Dicoba

Caption Foto By Pintrest

 

Selain memiliki cita rasa yang khas, kuliner Kota Palembang juga punya sejarah yang unik dari keberadaan Sungai Musi sebagai salah satu penghasil ikan khas untuk Pempek maupun kerupuknya. Dengan landskap cantik Jembatan Ampera, satu ikon Palembang yang dibangun tahun 1962. Kota ini pun punya atmosfer berbeda jika dinikmati saat malam hari.

str2_SLbatik150617_s1_4.PDF-770x470.jpg

Batik dan Kuliner Nusantara yang Saling Menginspirasi

Caption Image : Cake roll Singapore

Sebagai orang Indonesia Omiyagoes patut bangga memiliki warisan budaya Batik yang sarat akan nilai seni. Selain menjadi simbol budaya dan identitas, Batik juga memiliki keragaman motif berbeda dari suku-suku di Indonesia. Sama halnya seperti makanan Indonesia yang juga terdapat ciri khas di tiap daerah. Makanya tidak salah Omiyagoes kalau kita harus menghargai kebudayaan ini dengan merayakan Hari Batik Nasional sejak disahkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 silam.

Facebook_Sept_Week 4-15-14 2-14.jpg

Keripik VS Kerupuk, yang Mana Favorit Omiyagoes?

Penggemar kuliner Indonesia pasti tidak asing dengan nama sajian keripik dan kerupuk. Makanan yang bertekstur garing ini biasanya ditambahkan sebagai lauk. Keduanya sama-sama enak dan renyah ketika digigit, keripik maupun kerupuk juga sering jadi camilan iseng di waktu senggang ya kan Omiyagoes? Apalagi sekarang sudah muncul banyak variasi rasanya.

roti belanda.jpg

Roti Legendaris Peninggalan Belanda yang Jadi Makanan Khas Indonesia

Caption by :stefaniagambella.com by Pinteres

 

Ada cerita di balik sepotong roti. Dari sebuah bentuk dan rasa klasik legendarisnya misalnya, disitu ada warisan dapur lama pengaruh dari resep nenek moyang. Saat makan, rasanya langsung terbayang bagaimana si pembuat roti mencampurkan adonan dengan tangan dan dipanggang menggunakan alat masak tradisional.